Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Kendal Sediakan Pusling

Perpustakaan keliling disambut antusiasme siswa-siswi SD 4 Tegorejo Pegandon yang telah menunggu sejak pagi. Bahkan, mereka saling berdesakan untuk bisa mendapat buku bacaan yang diinginkan, Selasa (9/4/2019). ( foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Tingkatkan minat baca di wilayah Kabupaten Kendal Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kendal terus menggenjot dan mendorong masyarakat agar giat dan gemar membaca sejak dini. Salah satunya yakni melalui penyediaan layanan armada perpustakaan keliling (pusling) yang menyasar sekolah dasar hingga menengah, panti jompo, dan balai desa. 

Minimnya ketersediaan armada perpustakaan keliling tersebut tak mengurangi tugas dan tanggungjawab dinas terkait dalam memberikan layanan kepada masyarakat dalam mencerdaskan dan membudayakan minat gemar membaca yang dinilai hingga saat ini masih rendah.

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kendal, Alfebian Yolando mengatakan kendala yang dihadapi yakni pada biaya operasional. Kondisi mobil yang digunakan untuk perpustakaan keliling butuh perawatan dan pemeliharaan. Belum lagi biaya yang digunakan untuk membeli bahan bakar.

 “Kemarin, armada layanan perpustakaan keliling menyambangi SD 4 Tegorejo, Kecamatan Pegandon. Kehadiran perpustakaan keliling tersebut, disambut antusiasme para siswa-siswi sekolah dasar yang telah menunggu sejak pagi. Bahkan, mereka saling berdesakan untuk bisa mendapat buku bacaan yang diinginkan,” katanya, Selasa (9/4/2019).

Sementara itu, Kasi Pelayanan Perpustakaan, Eni Nurhayati menyampaikan setiap hari hanya ada tiga unit kendaraan perpusling menyebar ke berbagai sekolah dasar, balai desa, taman baca masyarakat, dan panti jompo yang telah diatur dijadwalnya.

 “Satu mobil perpustakaan keliling menjangkau dua lokasi. Petugas perpustakaan bisa ke sekolah dasar, taman baca, panti jompo maupun balai desa. Sehari ada enam lokasi yang dijangkau untuk mengajak anak-anak hingga orangtua gemar membaca,” terangnya.

Diungkapkan, jumlah buku yang ada di perpustakaan keliling bervariasi antara 1.000 – 3.000 buku dengan berbagai jenis seperti agama, anak-anak, ilmu pengetahuan, fiksi, komik, dan lain sebagainya. Minat baca anak-anak di wilayah Kendal bagian atas lebih tinggi dibandingkan di kota.

“Dari pengamatan selama ini, anak-anak di daerah Kendal atas seperti Kecamatan Sukorejo, Patean, Limbangan, Boja dan sekitarnya, lebih tinggi minat membacanya dibandingkan di Kendal bawah seperti Kecamatan Kota Kendal, Brangsong, Patebon, dan lainnya,” beber Eni. 

Terpisah, Kepala SD 4 Tegorejo Pegandon, Nurjanah mengaku kehadiran perpustakaan keliling itu bisa mengobati rasa haus akan bacaan bagi anak-anak. Sebab perpustakaan sekolah yang ada, jumlah bukunya sangat terbatas. “Jumlah buku yang kami miliki hanya ada sekitar 250 buku dan didominasi buku pelajaran sekolah. Kami berharap dengan keberadaan perpustakaan keliling ini bisa menambah ilmu dan pengetahun peserta didik,” harapnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here