Tim KKN UNDIP Desa Mojo Sosialisasi Sistem Pengelolaan Sampah Desa

Penyampaian Sosialisasi Sistem Pengelolaan Sampah di Balai Desa Mojo, Ulujami, Pemalang, Kamis (7/2/2019)

SIGIJATENG.ID, Pemalang – Sosialisasi Sistem Pengelolaan Sampah di Desa Mojo yang dilakukan di Balai Desa Mojo, Ulujami, merupakan kegiatan dari salah satu progam Multidisiplin Tim 1 Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) 2019.

Delapan mahasiswa Tim KKN UNDIP yaitu Heri Setiawan, Ahmad Zhulfikri, Rikko Daffa A., Purwati Ningsih, Widya Saraswati, Vini Rahimi, Ratna Juwita S. dan Gina Kartadipura melakukan kegiatan sosialisasi dalam kegiatan tersebut, pada Kamis (7/2/2019). Kegiatan ini dihadiri oleh warga desa dan perangkat desa.

Hal yang melatarbelakangi dari program ini adalah karena ada permasalahanlingkungan di desa itu, yakni belum dilakukan pemisahan dan pengelolaan sampah sesuai pengelompokan di setiap rumah. Kemudian Sampah yang ada biasanya hanya dibakar oleh masyarakat atau beberapa masih dibuang di saluran air yang bisa menimbulkan masalah lain, seperti polusi asap dan banjir.

“Masalah sampah di Desa Mojo ini masih menjadi salah satu yang perlu ditindaklanjuti, mengingat Desa Mojo salah satu desa yang sering terjadi banjir pada waktu musim hujan,” kata Risyanto S.Pd, Kepala Desa Mojo.

Tujuan dari program ini adalah memberikan pengetahuan perbedaan jenis – jenis sampah yang ada di rumah tangga, memberikan pengetahuan mengenai pemilahan dan pengelolaan yang baik, memberikan pengetahuan mengenai pengolahan dan pemanfaatan sampah, memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah, serta memberikan contoh pengelolaan Bank Sampah.

“Kita dari TIM KKN UNDIP 2019 ingin menjadi pelopor bagi warga Desa Mojo agar berperilaku bijak seperti membuang sampah yang dihasilkan baik dari rumah tangga atau lingkungan desa pada tempatnya dan menerapkan pemilahan sampah bagi rumah tangga serta pembuatan Bank Sampah Desa” ujar Heri Setiawan salah satu anggota TIM KKN UNDIP 2019. (*)

Berita dan foto : Tim KKN Undip Desa Mojo

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here