Tikus Pithi Unjuk Rasa di Kantor Dewan Jateng Tuntut Capres Independen

Seribuan orang dari Tikus Pithi Hanata Baris saat untuk rasa di Kantor DPRDJ Jateng, Selasa (19/2/2019)

SIGIJATENG.ID, Semarang- Seribuan orang mengatasnamakan kelompok Tikus Pithi Hanata Baris (TPHB) melakukan unjuk rasa di Kantor  DPRD Jateng Gedung Berlian Jalan pahlawan Semarang, Selasa (19/2/2019). Mereka hendak bertemu dengan DPRD Jateng menyampaikan aspirasi mereka.

Aspirasi mereka adalah menuntut agar ada calon presiden independen pada Pilpres 17 April Mendatang. Mereka mengusung Ketua Umum TPHB Tuntas Subagyo, sebagai Capres jalur Independen. Tuntas Subagyo adalah warga Baki Sukoharjo.

Mereka yang datang berunjuk rasa berasal dari sebagaian besar kota dan kabupapten di Jateng yang datang dengan berombongan naik berbagai jenis kendaraan, seperti roda dua, roda empat bahkan juga bus.

Mereka mengenakan pakaian hitam-hitam yang di punggungnya tertulis nama “Mas Tuntas sebagai Capres Independen 2019”. Mereka juga membawa spanduk, poster, dll, berisi tuntutan mereka. Bahkan mereka juga membawa seperangkat pengeras suara. Disela-sela orasi mereka juga membunyikan musik.

“Saya pengurus TPHB Kabupaten Sragen. Tujuana kami ke sini adalah untuk memperjuangkan aspirasi TPHB yakni agar di Pilpres 2019 ada capres independen, seperti calon bupati atau calon gubernur. Dan kami mencalonkan Mas Tuntas,” kata Ngadimin, salah satu peserta aksi, Selasa (19/2/2019).

Rombongan tiba di kawasan depan Gedung Berlian jalan Pahlawan sekitar pukul 12.00. Mereka melakukan unujuk rasa dengan tertib di depan pintu gerbang dengan penjagaan ketat aparat kepolisian. Panas terik matahari tak membuat semangat mereka hilang.  Perwakilan mereka bernegosiasi agar diperbolehkan masuk ke gedung berlain untuk bertemu dewan. Sekitar 1 jam mereka berorasi di depan pintu pagar, mereka berhasil masuk ke halaman Gedung Berlian melalui gerbang utama. Selanjutnya mereka melanjutkan unuk rasa di teras Gedung Berlian. Mereka bergantian melakukan orasi dan juga nyanyi yel-yel. Salah satu pengurus pusat TPHB yang sempat berorasi yakni Mundi, Wakil Ketua TPHB.

“Kami sudah dua kali kesini. Hari ini, TPHB juga melakukan unjuk rasa serentak di beberapa provinsi, yakni Jateng, DIY, Jatim, dan beberapa provinsi lainnya. Kami sudah pernah unjuk rasa menyampaikan aspirasi kami di Jakarta, termasuk juga ke mahkamah kontitusi,” tambah Lilik,  perempuan peserta unjuk rasa kepada Sigijateng.id.

Menurut dia, aksi unjuk rasa seperti ini akan terus dilakukan dalam waktu-waktu mendatang. “Kami ingin ada perubahan aturan tentang Pilpres, yakni ada calon independen,” tegasnya. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here