Tiga Dosen TI USM Tingkatkan Kempuan Siswa SMK Dibidang Virtual Local Area Network

SIGIJATENG.ID, Semarang – Ilmu mengenai Computer Network yang diajarkan di Sekolah Kejuruan, khususnya Teknik Komputer dan Jaringan belum tentu mengajarkan semua hal, khususnya mengenai Virtual Local Area Network.

Hal-hal yang pernah diajarkan di Sekolah Kejuruan ini masih berupa konfigurasi perangkat Mikrotik, Routing Jaringan, dan lain-lain.

Atas hal ini, tiga dosen TI USM yaitu April Firman Daru, Whisnumurti Adiwibowo dan Alaudin Maulana bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Semarang (LPPM USM) mengadakan pelatihan V LAN (Virtual Local Area Network) Menggunakan Simulasi Cisco Paket Tracer pada 30 Siswa-siswi SMK Negeri 1 Tuntang pada hari kamis, 13 November 2019 di Laboratorium Komputer SMK 1 Tuntang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan siswa, di bidang V LAN, sehingga siswa dapat mengimplementasikannya di sekolahnya maupun di dunia kerja,” kata Firman Danu dalam keteranga riliesnya.

Dalam proses pelatihan, para dosen TI ini menggunakan pendekatan praktik sehingga para siswa lebih mudah memahaminya. Siswa diajak melakukan pemasangan jaringan VLAN secara langsung dengan komputer yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah.

Dosen memberikan penjelasan mengenai materi yang diberikan, kemudian para siswa mempraktikkan secara bersama dengan bantuan dosen-dosen lainnya. Sehingga tidak ada siswa atau siswi yang tertinggal ataupun tidak memahami apa yang diajarkan. (rizal/aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini