Terapkan Inovasi Program Pintar, 24 Sekolah di Kendal Unjuk Hasil Karya

24 sekolah unjuk keberhasilan atas berbagai karya melalui program pengembangan inovasi kualitas pembelajaran (Pintar) yang digelar di Pendopo Kabupaten Kendal, Rabu (31/7/2019).

SIGIJATENG.ID, Kendal – Setidaknya 24 sekolah yang terdiri dari 16 Sekolah Dasar dan 8 Sekolah Menengah Pertama hasil pendampingan Tanoto Foundation unjuk keberhasilan atas berbagai karya melalui program Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran (Pintar) yang digelar di Pendopo Kabupaten Kendal, Rabu (31/7/2019).

Unjuk karya praktek baik program pintar tersebut merupakan hasil pendampingan pengelolaan manajemen sekolah dan penerapan program Pintar. Mereka menampilkan berbagai karya implementasi dari hasil belajar yang telah dilakukan selama satu tahun ini.

Dewan Pembina Tanoto Foundation, Belinda Tanoto mengatakan bahwa Indonesia masuk dalam negara yang mempunyai sistem pendidikan terbesar nomor 4 di dunia. Sebab dalam sistem pendidikan di Indonesia melibatkan 2,6 juta guru dan 50 juta murid.

“Melihat kondisi itu untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak dapat dilakukan sendiri, haruslah bersama-sama dengan menjalin kemitraan dengan para pemangku seperti pemerintah, masyarakat dan organisasi,” katanya.

Ia mengungkapkan, praktek program Pintar yang dirancang tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar melalui penguatan kemampuan pengelolaan dan kepemimpinan sekolah, peningkatan kualitas mengajar oleh guru, dan melibatkan orangtua siswa dalam pengembangan sekolah ke arah baik.

“Melalui pameran ini hasil belajar menunjukan praktik baik dan hasil atas pendampingan program pintar selama satu tahun di sekolah yang didampingi, serta membantu menyebar luaskan praktek baik yang dilakukan selama pedampingan” bebernya.

Bupati dr Mirna Annisa M.Si mengapreasiasi dan menyambut baik atas program yang dilakukan pihak Tanoto Foundation. Penerapan baik selain memudahkan murid memahami logika, namun juga dapat menunjang pendidikan karakter pada peserta didik.

Menurutnya, penerapan praktek baik dalam pendidikan dasar sangatlah perlu. Hal itu dapat membuat murid lebih efektif memahami langsung materi sebab para siswa secara langsung bisa melaksanakan praktek.

“Pendidikan karakter sangatlah penting, oleh karenanya kami pun juga memberikan pelatihan pendidikan karakter kepada 1500 guru sekolah dasar untuk dapat mengajarkan pendidikan karakter kepada muridnya,” tuturnya.

Program Pintar yang dikembangkan Tanoto Foundation terhadap sekolah yang didampingi terbukti membawa kemajuan di Kendal. Hal ini diakui Kepala SD Kalilumpang Kecamatan Patean, Rubingah. Salah satu sekolah yang dijadikan pilot project penerapan Program Pintar. “Banyak kemajuan yang didapat setelah melaksanakan Program Pintar selama satu tahun ini. Siswa menjadi lebih aktif belajar, sehingga prestasinya meningkat, sedangkan manajemen sekolah juga semakin baik serta kepedulian orang tua murid terhadap kemajuan sekolah menjadi baik,” tandasnya. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini