Tempat Penitipan Abu Jenazah Klenteng Tay Kak Sie Terbakar, Satu Orang Tewas Mengenaskan

Tyie Lam Tjay yang terbakar, Kamis (21/3/2019) pagi.

SIGIJATENG.ID, Semarang – Tempat penitipan abu jenazah atau Tyie Lam Tjay di Klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok No 62 Semarang terbakar,  Kamis (21/3/2019) pagi. Letak Tyie Lam Tjay merupakan masuk dalam kompleks Klenteng Tay Kak Sie. Adanya Kebakaran diketahui  sekitar pukul 05.30 WIB.

Dalam kejadian tersebut, satu korban tewas bernama Om Lay (80), penjaga Tyie Lam Tjay. Dia tewas mengenaskan. Penyebab tewasnya Om Lay diduga karena kehabisan oksigen di dalam klenteng.

Cik Sien, salah satu warga saat ditemui di lokasi mengatakan, saat kejadian pintu terkunci dari dalam, tidak bisa dibuka, lalu dirinya dan warga lain mendobrak pintu tersebut.

“Apinya sudah gede, pintu terkunci dari dalam, tidak bisa dibuka, lalu kita dobrak, dia sudah lemas karena kurang oksigen,” terangnya, di lokasi kejadian.

Dia menduga, api yang membakar ruangan penyimpanan abu jenazah itu berasal dari tempat pembakaran sampah dari belakang klenteng tersebut.

“Saya kira pertama dari sampah, tahunya saat di cek lagi kok ada asap dan api dari dalam kelenteng itu, saya langsung kasih tahu teman terus ambil alat pemadam,” imbuhnya.

“Api menjalar, mungkin bertambah besar karena nyala lilin-lilin itu juga, menyebabkan mudahnya api menjalar besar,” tambahnya.

Sementara itu, Saksi penjaga Klenteng Tay Kak Sie, Sofian Candra mengatakan, saat api melahap ruang penyimpanan abu, pintu utama ruangan itu dalam kondisi tertutup rapat.

“Apinya sudah besar, korban terlihat dari dalam tapi terlihat diam dalam posisi terduduk, saya sambil teriak minta bantuan warga untuk memadamkan api,”ucapnya.

Saat itu, diduga korban sudah dalam keadaan meninggal karena kehabisan oksigen karena pekatnya asap dan kobaran api. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here