Tarik Wisatawan, Pemprov Jateng Akan Perbanyak Event Pariwisata

Candi Borbudur, destinasi andalan Jawa Tengah

SIGIJATENG.ID, Semarang – Gelaran event pariwisata memang terbukti menjadi magnet bagi para wisatawan. Seperti tahun 2017 lalu, kunjungan wisatawan di Taman Balekambang Solo lebih banyak dibanding kunjungan ke Candi Prambanan.

“Pada tahun 2017, kunjungan wisatawan di Taman Balekambang Solo mencapai 2,5 juta, sementara wisatawan yang ke Prambanan hanya 910 ribu. Bahkan jumlah pengunjung Taman Balekambang hampir menyaingi Borobudur yang hanya 2,9 juta wisatawan,” kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Sinung Nugroho Senin (4/2/2019).

Pariwisata ternyata tidak hanya soal tempat yang indah atau menarik. Namun, yang menjadi ruh dari pariwisata adalah event yang digelar di tempat-tempat pariwisata tersebut. Menurut Sinung Nugroho, Taman Balekambang hanya destinasi wisata biasa saja. Namun karena banyak event yang sering digelar, sehingga menyedot lebih banyak wisatawan dibanding Prambanan.

“Event yang rutin digelar di Taman Balekambang adalah Sendratari Ramayana. Selain event itu, setiap hari libur juga pasti ada event di taman itu sehingga menarik banyak kunjungan wisata,” terang Sinung Nugroho.

Berkaca dari data tersebut, Sinung menyatakan akan melakukan kebijakan-kebijakan baru dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah. Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat akan terus ditingkatkan.

“Siapapun yang memiliki ide atau event yang potensial pasti akan kami dukung. Selain itu, kami juga akan memaksimalkan industri kreatif dan promosi wisata dengan sosial media dan mengajak anak muda pelaku dan juga sebagai penikmat wisata,” paparnya. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here