Tarik Minat Pemilih, Beberapa TPS di Rejosari Kendal Dibikin Unik dan Menarik

Anggota PPS di TPS 15 Rejosari kenakan kebaya dan adat jawa. Pintu masuk TPS dibuat gapura lengkap dengan janur kuning kelapa

SIGIJATENG.ID, Kendal – Tarik minat pemilih sekaligus menekan angka golput, TPS 08 di Desa Rejosari Kecamatan Brangsong oleh panitia pemungutan suara dibuat dengan konsep yang unik dan menarik berinterior serba jersey sepakbola.

Ketua KPPS 08, Idris mengatakan tujuan dibuat dengan dekorasi yang berhubungan serba sepakbola ini untuk menekan angka golput, sehingga warga ramai berdatangan menggunakan hak pilihnya. 

“Faktanya tadi saat proses pemungutan suara baru berjalan sekitar tiga jam saja sudah banyak yang berdatangan. Jumlah pemilih sudah mencapai 90 persen, artinya antusiasme masyarakat sangat tinggi,” katanya, Rabu (17/4/2019). 

TPS 08 di Desa Rejosari Kecamatan Brangsong dibuat dengan konsep menarik berinterior serba jersey sepakbola.

Terpisah, di TPS 15 antusiasme masyarakat dalam menggunakan hak suaranya dalam pemilu 2019 yang digelar serentak juga meningkat. Berbeda dengan pelaksanaan Pemilu pada tahun sebelumnya. 

Penampilan para anggota PPS dan nuansa dekorasi TPS dibuat layaknya ada hajatan ngunduh mantu di era 60-70 an. Seluruh anggota menggunakan pakaian adat Jawa lengkap beskap.

Layaknya menerima pengantin baru, tak sedikit sejumlah warga menyempatkan diri berswa foto bersama para anggota PPS di TPS 15 tersebut. Sebab, dipintu masuk juga dibuat gapura lengkap dengan janur kuning kelapa.  

Ketua KPPS 15 Desa Rejosari, Agung Iman Jiwandono mengatakan pembuatan TPS dengan dekorasi berbeda pada umumnya itu di biayai secara swadaya dan dibantu pemerintah desa. 

“Banyak warga yang berswa foto di pintu gapura TPS, selain itu ada juga yang ingin foto bersama petugas PPS. Ini bukti bahwa kesadaran masyarakat menggunakan hak pilihnya tinggi, tak hanya datang memberikan hak suara tapi mereka juga ingin memanfaatkan momen yang jarang tersebut,” tukasnya. 

Sementara itu, warga yang datang ke TPS mengaku dan merasa ada yang berbeda tidak seperti pada pemilu pada tahun sebelumnya. Ide kreatif seperti ini kebanyakan mendongkrak pemilih pemula terutama anak millenenial. 

Idenya sangat bagus dan kreatif. Dengan nuansa yang unik bisa menarik menekan angka golput serta meningkatkan daya tarik bagi warga untuk menyalurkan hak suaranya. 

“Sehingga pesta demokrasi ini sesuai dengan harapan masyarakat dalam mendapatkan pemimpin yang amanah,” timpal Agus Rianto warga setempat usai menggunakan hak pilihnya. (Dye) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini