Tanamkan Rasa Empati Siswa, SMPN 02 Boja Gelar Bakti Sosial

Perwakilan siswa kelas VII SMP N 2 Boja, Kendal saat menyerahkan bantuan kepada anak tuna rungu di SLB Surya Gemilang, Margosari Limbangan, Kendal didampingi pengasuh dan guru.

SIGIJATENG.ID, Kendal – Tanamkan rasa empati siswa, SMPN 02 Boja gelar bakti sosial di sejumlah panti asuhan dan SLB di kabupaten Kendal, Senin (22/07/19). Panti asuhan dan SLB tersebut adalah Panti Asuhan Al Ayubi, Panti Asuhan Al Munawir, dan SLB Surya Gemilang.

Kegiatan itu dilakukan, pasca kelas VII SMPN 02 menyelesaikan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilakukan selama tiga hari di lingkungan sekolah, yakni dari Senin hingga Rabu, (15-17 Juli 2019).

Selama tiga hari mereka dibekali empat materi pokok, yaitu wawasan wiyata mandala, pendidikan karakter, pendidikan nasionalisme, dan bahaya narkoba. Kemudian, untuk mengimplementasikan pendidikan karakter yang telah diajarkan, para siswa diajak untuk menyelenggarakan kegiatan bakti sosial.

Kegiatan itu diikuti oleh siswa kelas VII , pengurus OSIS, dan dewan guru SMPN 02 Boja. Para siswa kelas VII dengan sukarela mengumpulkan bahan makanan pokok seperti beras, mie instan, dan peralatan sekolah seperti buku tulis untuk dibagikan kepada anak-anak yang membutuhkan.

Wakil Kepala Sekolah bidang Akademik dan Kurikulum, Sukarman mengatakan, 
Kegiatan bakti sosial ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa empati kepada sesama. Baginya, yang paling penting dari sebuah pembelajaran adalah pengamalan apa yang sudah diajarkan.

“Tindakan langsung lebih mengena daripada sekedar teori. Bakti sosial ini bisa menumbuhkan karakter para siswa. Dengan bakti sosial ini diharapkan para siswa tumbuh rasa empati kepada sesama,” jelas Sukarman.

Sukarman menambahkan, kegiatan bakti sosial yang dilakukan itu juga akan menumbuhkan pribadi siswa agar selalu mensyukuri anugrah yang telah diberikan oleh Tuhan. 

”Terutama ketika berada di panti asuhan SLB Surya Gemilang yang rata-rata anaknya tidak sempurna. Misalnya tuna rungu dan tuna wicara. Para siswa kami yang diberi kesempurnaan akan tersentuh hatinya untuk selau bersyukur. Sehingga para siswa menjadi taat kepada Allah, kepada orang tua, dan guru,” tambahnya.

Sementara itu, siswa baru kelas VII, Rama (13) mengaku sangat antusias saat membagikan sembako kepada penghuni panti asuhan dan SLB. Ia merasa senang dengan kegiatan sosial tersebut.

“Bakti sosial ini adalah pengalaman pertama bagi saya, saya senang bisa berbagi kepada teman-teman yang membutuhkan” tukasnya. (Taufiq)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini