Tak Dapat Alokasi CPNS, Honorer K2 Sragen Resah

Para PNS Sragen saat ikuti upacara HKN, Selasa (12/11). (foto santo / sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Sragen- Para tenaga honorer Kategori 2 (K2) Sragen resah.  Pasalnya dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tidak kuota bagi K2, dengan terganjal soal Undang-undang. Namun hasrat untuk mendapat penghidupan yang lebih baik tidak surut. Forum Tenaga honorer K2 Sragen (FTHKS) mendesak untuk dialokasikan dalam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Koordinator K2 Sragen Uut Haryanto mengakui memang tidak ada alokasi berdasarkan kebijakan dari pemerintah. Meski begitu  pihaknya tidak tinggal diam begitu saja. Dari forum K2 meminta untuk pemerintah segera mengalokasikan K2 untuk PPPK. ”Kami tidak bisa berbuat banyak karena mendesak ke PNS, kami terbentur dengan Undang-undang,” bebernya, Selasa (12/11/2019).

”Kami minta yang PPPK tahap 1 kemarin untuk segera dikeluarkan NIP nya dan kembali buka lagi untuk tahap 2, jadi biar untuk yang belum lulus atau yang belum mengikuti tes bisa punya kesempatan lagi,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan seperti tenaga administrasi dan beberapa K2 lain masih ada yang belum tercover Dengan disegerakan, harapnya bisa tercover semua dan tidak ada yang tertinggal.

Dia menyampaikan jumlah K2 di Sragen mencapai 1.107 pegawai. Sedangkan yang lulus pada PPPK tahap satu kemarin ada 510 orang. ”Saya mengimbau secara pribadi kepada beliau ibu bupati minta kesejahteraan honorer di perhatikan. Karena kami bekerja terkadang melebihi PNS,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sragen Sutrisna membenarkan tidak ada alokasi K2 pada CPNS ini. Pihaknya mengaku tidak bisa menentukan kebijakan lantaran kuota dan sebagainya ditentukan oleh pemerintah pusat. ”Dimanapun tidak ada karena semua umum, yang menentukan dari kemeterian PAN-RB,’ ujarnya.Lantas soal keluhan terkait server pendaftaran yang lemot bakal disampaikan ke admin BKN. Dia menyampaikan admin di pemerintah pusat. ”Mungkin di awal bareng-bareng yang buka,” tuturnya. (santo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here