Tahun 2020 Seluruh Jalan Kabupaten Kendal Ditarget Mulus

Kepala DPUPR Kendal Sugiono melakukan pengecekan perbaikan pekerjaan sejumlah ruas jalan rusak yang ditargetkan di tahun 2020 seluruh ruas jalan kabupaten sudah baik. (foto dye/sigijateng)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Di tahun 2020 mendatang,  Pemerintah Kabupaten Kendal menargetkan seluruh jalan di Kendal sudah dalam kondisi baik. Hingga September 2019 ini, pemkab Kendal melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) terus bekerja ekstra kebut perbaikan disejumlah ruas jalan di kabupaten Kendal yang menyisakan 68 KM. 

Salah satu ruas jalan dengan panjang 3,7 KM yang saat ini tengah diperbaiki yakni jalan menuju Pantai Ngebum Desa Mororejo Kaliwungu. Perbaikan jalan dengan di aspal itu dimulai dari wilayah tambak udang desa hingga pintu gerbang wisata Pantai Ngebum. 

Pengawas Proyek perbaikan ruas jalan, Erwin mengatakan agar pengerjaan itu cepat selesai pihaknya melakukan perbaikan mulai dari pagi hingga malam. Menurutnya pekerjaan itu akan selesai selama satu bulan dan sisa waktu yang tersisa untuk pengerjaan tahap akhir.

“Seperti saat ini kami mengerahkan 20 pekerja yang bekerja dari pagi sampai malam untuk tahap dasar. Selanjutnya pada tahap terakhir kami kurangi jumlah pekerjanya menjadi 8-10 orang saja,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DPUPR Kendal, Sugiono mengatakan perbaikan jalan tersebut membutuhkan waktu selama kurang lebih 75 hari. Namun kontraktor menyanggupi pengerjaan itu terlaksana kurang dari dua bulan. 

“Jalan ini akan diaspal dua lapis. Yakni lapis dasar setebal empat sampai enam sentimeter dan lapis atas setebal empat sentimeter. Lebarnya sendiri berkisar lima meter dan empat meter. Tapi sebelum dilakukan pengaspalan akan diratakan terlebih dahulu di bagian jalan yang perlubang,” terangnya saat pengecekan perbaikan jalan, Rabu (4/9/2019).

Ia menyampaikan anggaran yang digunakan untuk perbaikan tersebut bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kendal tahun 2019. Menurutnya perbaikan ruas jalan itu senilai 3,2 miliar.

“Pagu proyek ini sekitar 4 miliar, dan lelangnya senilai 3,2 miliar. Harga tersebut merupakan harga terendah yang ditawar oleh para kontraktor,” tandasnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here