Sosialisasi Kesehatan, Mahasiswa Undip Gelar Program Kelas Ibu Hamil

Tim I KKN Undip Desa Losari saat kegiatan Kelas Ibu Hamil

SIGIJATENG.ID, Tim I KKN Undip Desa Losari mengadakan Kelas Ibu Hamil yang diselenggarakan di PAUD Buah Hati Desun Kalidukuh Desa Losari, pada Jumat (8/2/2019)

Kegiatan dihadiri oleh 10 Ibu hamil, 4 kader kesehatan dan didampingi oleh bidan Losari, Ibu Pudjiningsih.   Kelas ibu Hamil dimulai pukul 09.00, terdapat 3 program kerja dari mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Program Ibu Cerdas ASI Berkualitas yang disampaikan Puji Larasati Masyithoh dari Departemen Kedokteran Umum menjadi pembuka dalam acara kelas ibu Hamil.

“Pemberian ASI sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak, untuk itu perlu diadakan edukasi kepada ibu hamil,” kata Puji Larasati Masyithoh.

Dilanjutkan dengan program Perawatan Payudara yang dibawakan oleh Fera Fitri dari jurusan Ilmu Keperawatan.

Masalah yang ditemui pada ibu hamil yaitu ketika ada permasalahan ASI tidak keluar dan Payudara terasa sakit / ada bendungan didalam ASI ibu-ibu hamil.

“Ini persoalan serius. Apalagi, ternyata ibu-ibu di Desa Losari belum mengetahui cara mengatasinya,”  Fera Fitri.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan progam Pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan. Program ini diisi oleh Heni dari program studi Ilmu Gizi, berisi tentang makanan apa saja yang dianjurkan dan dipantangkan untuk 1.000 hari pertama kehidupan mulai dari janin berumur 1 bulan sampai anak balita berumur 2 tahun

Kemudian dilanjutkan  dengan senam ibu hamil yang dipandu oleh Ibu Bidan. Senam ibu hamil bertujuan untuk mereleksasikan otot  – otot pada ibu hamil.

Akhir acara diadakan doorprize bagi ibu-ibu yang bisa menjawab pertanyaan yang sudah disediakan. Pada acara kelas ibu hamil, peserta mengikuti dengan antusias. Kelas ibu hamil diharapkan dapat menambah wawasan pada Ibu Hamil di Losari khususnya mengenai ASI Eklusif dan gizi pada bayi.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari Depala Desa Losari Haryono. Semua tim KKN KKN Desa Losari 2019 sebanyak yaitu Fathan Zidni (Kordes), Anita Fitriani Wira K. (Sekdes), Fera Fitrianingrum N.H, Vegi Okta  Setiawan, Rizky Maulana, Heni, Novita Tri Anggraenie, Puji Larasati dan Diar Rizqika Herliani, semua terlibat dalam acara yang ada. (*)

Berita dan Foto : KKN Undip Tim 1 2019 Desa Losari

Editor : Aris Syaefudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here