Simpel, Murid SMK Muhammadiyah Bawang Kerjakan Soal USBN dengan Android

Siswa SMK Muhammadiyah Bawang Kabupaten Batang serius mengerjakan soal USBN dengan menggunakan Android, Rabu (20/3/2019). (Dok. SMK Muh. Bawang for Sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Batang – Sebanyak 360 siswa siswi SMK Muhammadiyah Bawang Kabupaten Batang, hari ini melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2019 berbasis Android. 

Berbeda tahun sebelumnya, ujian yang tadinya menggunakan lembaran kertas atau komputer, tahun 2019 ini untuk kali pertama peserta ujian cukup hanya dengan menggunakan Android saja.  

Kepala SMK Muhammadiyah Bawang, Imam Pamungkas S.Pd mengatakan perkembangan teknologi saat ini sumber daya manusia dituntut harus bisa mengimbangi dan memanfaatkan hal itu. 

“Baru di tahun ini, pelaksanaan USBN seluruh peserta mengerjakan soal ujian dengan menggunakan Android. Bahkan,  pengawasan dilakukan setiap ruang ada dua orang pengawas, satu proktor dan teknisi,” katanya, Rabu (20/3/2019).

Imam berharap kedepan untuk ujian – ujian selanjutnya baik ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, maupun penilaian kenaikan kelas diharapkan berbasis Android. 

“Pada awalnya pasti ada kendala teknis saat peserta mengerjakan, tapi bisa diatasi oleh teknisi dan proktor. Sehingga kendala bisa langsung teratasi,” tuturnya. 

Sementara itu, Waka Kurikulum SMK Muhammadiyah Bawang Wahyu Widodo menyampaikan hampir semua siswa memiliki android. Pelaksanaan ujian tahun ini memang berbasis Android, sehingga dalam proses pengerjaannya mereka menggunakan androidnya masing-masing. 

“Pelaksanaan ujian tahun ini memang berbeda dari sebelumnya. Seluruh peserta mengerjakan USBN berbasis Android. Bagi yang tidak memiliki, pihak sekolah juga menyediakan dan memfasilitasi dengan Lab. Komputer,” terangnya. 

Dijelaskan, dalam mengerjakan soal-soal ujian berbasis Android itu, terlebih dahulu peserta ujian mengaktifkan jaringan Wifi di Androidnya masing-masing. Selanjutnya, mengunduh aplikasi yang sudah disiapkan oleh server sekolah melalui tim IT, SMK Muhammadiyah Bawang. “Begitu aplikasi sudah di unduh, lalu siswa membuka aplikasi dan memasukkan data diri untuk proses LOGIN. Saat LOGIN siswa diminta memasukkan kode Token yang sudah tertera. Setelah itu, siswa peserta ujian baru bisa mulai mengerjakan soal sesuai mata pelajaran sesuai jadwal,” tandasnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here