Satlantas Kendal Ujicoba Pasang CCTV Traffic Handle

Perempatan Kota kendal, salah satu titik yang dipasangi CCTV traffic handle pihak Satlantas Polres Kendal. (dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Upaya untuk menurunkan jumlah pelanggaran berlalu lintas, Satlantas Polres Kendal melakukan uji coba dengan memasang kamera CCTV traffic handle. Alat tersebut salah satunya dipasang di perempatan jalan raya kota Kendal.

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Edy Sutrisno mengatakan pemasangan CCTV tersebut tujuan utamanya yakni menurunkan angka lakalantas terutama akibat fatalitas. Serta, mengedukasi masyarakat untuk tertib berlalu lintas dengan tidak melanggar aturan dan tata tertib.

“Pemasangan CCTV handle yang ada disatu titik lokasi tersebut baru sebatas uji coba. Tujuannya untuk menekan terjadinya pelanggaran berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan serta mengedukasi masyarakat,” katanya, Rabu (13/2/2019).

Disampaikan AKP Edy Sutrisno, kedepan dalam waktu dekat di tahun ini pemasangan CCTV tidak hanya diletakkan di satu tempat saja. Namun, pemasangan CCTV traffic handle itu akan dipasang di empat titik di wilayah Kendal yakni pertigaan Pantes Brangsong –Kaliwungu, Kota Kendal, Purin dan wilayah Ungu-ungup wonotenggang Weleri.

“Korlantas Polri juga akan memasang CCTV traffic handle itu di wilayah Kendal seperti di Ketapang Barat, Cepiring dan Wonotenggang Weleri. Nanti akan ada tiga personil dari Satlantas Polres Kendal secara bergantian yang akan bertugas memantau kondisi CCTV traffic handle tersebut melalui layar monitor,” tuturnya.

Dirinya berharap melalui pemasangan CCTV traffic itu bisa menjadi sarana untuk menekan lakalantas serta mengedukasi masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas. Sehingga pelanggaran dan laka bisa di minimalisir.

“Tentunya alat itu tidak hanya sekedar hiasaan jalan saja. Namun, sarana CCTV ini bisa menjadi alat untuk mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas. Serta menekan angka lakalantas dan menurunkan pelanggaran dalam berlalu lintas,” harapnya.

Menanggapi adanya CCTV Traffic handle itu, Wardo (41) warga Kauman Kendal mengungkapkan jika hal itu sangat baik demi keamanan wilayah. Tak hanya sebagai alat pemantau kondisi dan situasi wilayah, namun bagi pengguna jalan juga menjadi lebih berhati-hati dalam berkendara.

“Sangat senang dan itu sangat baik. Sebab keberadaan CCTV juga bisa dijadikan untuk mengetahui kondisi serta situasi keamanan wilayah. Seperti jika terjadi aksi kriminal di jalan perempatan yang kebetulan ada CCTV bisa segera diketahui. Sehingga akan ada penanganan cepat dari pihak yang berwajib, sebab dengan mudah terpantau melalui layar monitor,” tandasnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here