Sambut Idul Adha, Grab Salurkan Donasi ke Panti Asuhan dan Hewan Kurban ke Pengemudi

Dicky Sofian, Partner Engagement & Demand Generation Lead Central Java (dua dari kiri), secara simbolis memberikan donasi kepada perwakilan 4 panti asuhan di Semarang. ( foto ist/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Menyambut hari Raya Idul Adha 1440 H, Grab Semarang Jawa Tengah menyalurkan donasi ke sejumlah panti asuhan di Semarang. Donasi ini merupakan bagian dari program “Berbagi Bersama GrabCar” yang diselenggarakan pada bulan Ramadan lalu. Melalui program ini Grab menyumbangkan Rp.100,- untuk setiap perjalanan pelanggan Grab yang menggunakan layanan GrabCar di Kota Semarang selama periode 16-31 Mei 2019. Selain itu Grab juga berkurban bersama mitra pengemudi di Semarang.

Abriyani Muharomah Juharta, City Manager 4W Grab Jawa Tengah mengungkapkan, dana yang terkumpul ditambahkan dengan donasi dari Grab untuk membantu anak-anak yatim piatu serta kaum dhuafa di Kota Semarang. Ada empat panti asuhan yang menerima bantuan tersebut, yakni Panti Asuhan Darussalam, Panti Asuhan Cacat Ganda (PACG), Panti Asuhan Al Fisalam Qur’any, dan Panti Asuhan  Al Rifdah.

“Total donasi yang disalurkan mencapai Rp 101.561.100 sehingga masing-masing panti asuhan menerima Rp 25.390.275. Kegiatan serupa juga dilakukan juga di beberapa kota di Indonesia yaitu Medan, Palembang dan Yogyakarta,” kata Abriyadi dalam siaran pressnya Jumat (9/8/2019).

Abriyani Muharomah Juharta menyatakan, Grab selalu percaya untuk memanfaatkan teknologi untuk kebaikan, atau tech for good dan pihaknya sangat senang dapat melakukannya di Semarang selama bulan Ramadan lalu.  Dengan program ini, Grab ingin berkontribusi membantu memudahkan para pengguna Grab untuk dapat berbagi dan menghubungkan kebaikan serta menjadi lebih dekat dengan sesama.

“Kami lakukan progam ini Semarang. Dengan letak geografis yang luas dan karakteristik serta warga Semarang yang sangat antusias ketika menyambut bulan Ramadan, membuat kami yakin  bahwa program ini akan mendapat respon yang baik dari mitra Grab maupun masyarakat. Program ini memudahkan mereka dalam berbagi terhadap sesama di bulan Ramadan,” bebernya.

Selain program donasi, kata Abriyani, menyambut Idul Adha tahun ini pihaknya juga membuat program spesial bagi beberapa mitra pengemudi GrabCar di Semarang. Karena diantara mereka mereka ada yang menerima hadiah hewan kurban dari Grab berupa 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Sebelumnya Grab mengadakan lomba kreativitas di antara mitra pengemudi Semarang dalam bentuk desain dan pemasangan stiker mobil yang menunjukkan komunitas mereka. Lomba ini diinisiasi sebagai bentuk dukungan Grab terhadap pengembangan kreativitas dan ekspresi diri para mitra pengemudi. Hadiahnya masing-masing mendapatkan 1 ekor kambing dan 1 komunitas mitra pengemudi yang mendapatkan 1 ekor sapi.  Kriteria penilaian adalah keunikan, keoriginalitasan, dan kesesuaian dengan tema.

“Grab terus berkomitmen untuk mendukung produktivitas mitra pengemudi. Di momen istimewa ini kami ingin membantu mitra pengemudi dalam beribadah kurban. Kami berharap dengan adanya lomba ini dapat mempermudah mitra pengemudi untuk berkurban sekaligus dapat mendukung dalam mengasah kreativitas mereka, mengekspresikan diri, dan menunjukkan kebanggaan sebagai anggota komunitas mitra pengemudi GrabCar Semarang,” lanjut Abriyani.

Dia menambahkan, selain program di Semarang, Grab berkolaborasi dengan OVO dan Tokopedia, melalui program kolektifnya, Patungan Untuk Berbagi. Program ini berhasil mengumpulkan donasi sejumlah lebih dari IDR 11 milyar, dan dana tersebut untuk memastikan pendidikan yang berkelanjutan bagi anak yatim di Indonesia.

“Sebagai puncak dan penutup dari kampanye #PatunganUntukBerbagi, yang berkolaborasi dengan Rumah Yatim, OVO, Grab, dan Tokopedia mendistribusikan donasi kepada lebih dari 30,000 anak yatim di 18 provinsi di Indonesia, dari Aceh hingga Papua Barat. Donasi yang didistribusikan berupa paket perlengkapan sekolah dan beasiswa, memastikan pemenuhan kebutuhan sekolah dasar, hingga SD hingga SMA,” terangnya.

Sebagai perusahaan Indonesia yang membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, Grab Indonesia bangga bisa melayani lebih banyak mitra pengemudi dan pelanggan di 224 kota di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Penelitian oleh CSIS-Tenggara Strategics menemukan bahwa dengan memanfaatkan teknologi, Grab telah berkontribusi sekitar Rp 48,9 triliun (sekitar USD 3,5 miliar) bagi perekonomian Indonesia pada tahun 2018. (Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here