Rumah Milik Janda Tua di Kendal Ludes Terbakar

Petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman kebakaran rumah janda tua di Desa Sarirejo Kaliwungu Kendal Selasa (20/08/2019). (foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Diduga terjadi hubungan arus pendek pada listrik, rumah milik warga di Desa Sarirejo Kecamatan Kaliwungu ludes dilalap si Jago Merah, Selasa (20/8/2019). Diketahui rumah yang terbakar adalah milik seorang janda tua bernama Mahmudah (80) Saat kejadian rumah kosong ditinggal ke luar rumah. 

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun barang-barang berharga milik korban ini tak ada yang bisa terselamatkan. Semuanya terbakar dilalap kobaran api. Bahkan kobaran api juga sempat merambat ke rumah tetangga. 

Kejadian itu membuat panik warga. Sebab kobaran api yang membakar rumah sebagian besar terbuat dari bahan papan kayu ini hampir saja merambat dan mengenai rumah tetangga. Atas kejadian itu, Mbah Mahmudah hanya bisa pasrah. Oleh warga korban dipapah untuk tidak mendekat rumah. 

Menurut penuturan salah seorang warga, Samlawi, jika rumah dari kayu ini terbakar diduga akibat hubungan arus pendek, sebab listrik yang tersalur ke rumahnya mengambil dari rumah tetangganya. 

“Awalnya api terlihat di bagian belakang rumah. Dengan cepat api melalap dinding rumah yang terbuat dari kayu/ dan langsung membesar. Saya juga belum tahu penyebabnya,” ucapnya. 

Sementara itu, terlihat sejumlah warga yang melihat api membakar rumah janda tua ini berjibaku memadamkan kobaran api dengan alat seadanya. Sembari menunggu bantuan dari petugas Damkar. 

Hembusan angin yang kencang membuat api semakin membesar dan merambat ke rumah warga lainnya yang berada di sebelahnya. Warga juga harus naik ke atap rumah untuk memadamkan api yang sudah membakar bagian atap.

Selang beberapa waktu, satu unit mobil pemadam kebakaran Kendal Pos Kaliwungu diterjunkan untuk melokalisir api agar tidak merambat ke rumah lainnya. 

Kasi Dalops Damkar Kendal, Saeful Huda mengatakan dugaan sementara kebakaran akibat hubungan arus pendek untuk kerugian ditaksir mencapai Rp 70 juta.  “Dugaan sementara dari hubungan arus pendek, tapi masih kita selidiki lagi. Kalau kerugian diperkirakan Rp 70 juta,” jelasnya. 

Polisi memeriksa sejumlah saksi. Kasus kebakaran ini juga masih dalam penanganan Polsek Kaliwungu Kendal. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here