Resmi di Lantik, Tugas Panwascam Wajib Menjaga Netralitas dan Integritas

 Bawaslu Kendal melantik sebanyak 60 panwascam yang akan membantu mengawasi jalannya pemilu 2020 mendatang.

SIGIJATENG.ID, KENDAL – Sebanyak 60 panitia pengawas kecamatan (Panwascam) resmi dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal, Senin (23/12). Ke 60 Panwascam yang baru saja dilantik di Hotel Sae iin Kendal tersebut nantinya akan bertugas selama 11 bulan kedepan. 

“Meski sudah dilantik, sebelum melaksanakan tugasnya mereka juga akan mendapatkan pembekalan terlebih dahulu selama beberapa hari,” kata Odilia Amy Wardani, Ketua Bawaslu Kendal seusai melantik saat itu. 
Dia menyampaikan materi yang diberikan diantaranya yakni penyiapan Sumber daya manusia, penanganan pelanggaran pemilu, pengawasan aktivitas politik, serta penyelesaian sengketa cepat.

“Begitu dilantik, sebenarnya mereka sudah bisa melakukan pengawasan. Tapi, tugas pengawasan itu mulai aktif pada bulan Januari mendatang. Sebab saat itu proses tahapan pemilu yakni pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilakukan,” terang Odilia.

Ia juga menambahkan setelah terbentuknya panwascam ini maka untuk proses selanjutnya yakni pembentukan Pengawas Pemilu di tingkat desa yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020.

“Pembentukan Panwaslu Desa ini dilakukan jika Panwascam sudah memiliki sekretariat, sehingga nantinya proses seleksi Panwaslu Desa bisa dilakukan,” imbuh dia.

Dirinya berharap mereka yang telah dilantik menjadi panwascam, agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik. “Menjadi Panwascam sangatlah berat, sebab mereka berhadapan langsung dengan masyarakat. Tidak hanya mengawasi, tapi harus menindak pelanggaran pemilu,” tandasnya.

Salah satu panwascam Rowosari, Zumrotun mengaku dirinya tergugah untuk menegakkan pesta demokrasi pemilu yang jujur dan adil. “Saya selalu siap menjaga integritas dan netralitas ebagai pengawas pemilu,” ucap wanita yang sudah kali ketiga menjadi panwascam ini. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini