Ratusan Siswa-siswi SMKN 5 Kendal Wajib Ikuti Pendidikan Karakter, Sebagai Bekal PKL

405 siswa siswi kelas XI SMK N 5 Kendal, belum lama ini mengikuti pendidikan karakter di Kolat Kodam IV/Diponegoro Bantir Sumowono, Kabupaten Semarang. 405 siswa siswi kelas XI SMK N 5 Kendal, belum lama ini mengikuti pendidikan karakter di Kolat Kodam IV/Diponegoro Bantir Sumowono, Kabupaten Semarang.

SIGIJATENG.ID, Kendal – Siapkan bekal sebelum terjun ke dunia usaha dan industri, sebanyak 405 siswa siswi kelas XI SMK N 5 Kendal, belum lama ini mengikuti pendidikan karakter di Kolat Kodam IV/Diponegoro Bantir Sumowono, Kabupaten Semarang. 

Kepala SMK N 5 Kendal Agus Basuki mengatakan pendidikan karakter yang digelar selama tiga hari mulai 18-20 Maret 2019 itu, bertujuan untuk meningkatkan ketertiban, kedisiplinan terhadap tugas dan tanggung jawab bagi peserta didik sebelum terjun mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL).

“Selama kegiatan pendidikan karakter, peserta didik mendapatkan materi PBB, bela negara, tata tertib, etika, kepemimpinan dan outbond yang langsung disampaikan oleh Instruktur dari Kolat Kodam IV/Diponegoro,” kata dia, Jumat (22/3/2019). 

Diungkapkan, sebelumnya pada tahapan persiapan PKL sekolah juga mengadakan koordinasi serta memberi informasi pelaksanaan PKL kepada orangtua siswa serta pembekalan PKL dari dunia usaha dan dunia industri. “Mereka akan ditempatkan di 175 institusi dunia usaha industri sesuai dengan kompetensi keahlian,” ungkapnya. 

Agus menyampaikan, pelaksanaan PKL di dunia usaha industri akan berlangsung selama enam bulan mulai tanggal 25 Maret 2019 ini. “Peserta PKL harus siap menerapkan budaya kerja yang ada di Industri. Sehingga bisa menyesuaikan karakteristik pekerjaan yang dihadapi,” terangnya. 

Sementara itu, Humas SMKN 5 Kendal, Yulianto menambahkan, melalui pendidikan karakter itu diharapkan peserta didik yang akan terjun PKL di dunia usaha industri bisa konsentrasi penuh dan bersungguh-sungguh. 

“Sehingga peserta PKL memiliki kesiapan sikap mental, kedisiplinan dan budaya kerja yang dapat diimplementasikan saat melaksanakan PKL nantinya,” imbuhnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here