Ratusan Pelajar Pekalongan Bersemangat Ikut Seleksi Paskibraka

Ratusan pelajar dari 27 SMA/SMK/MA mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Pekalongan tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, Selasa (19/3/2019).

SIGIJATENG.ID, Pekalongan – Ratusan pelajar dari 27 SMA/SMK/MA mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Pekalongan tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kota Pekalongan, Selasa (19/3/2019).

Seleksi anggota Paskibraka yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekalongan tersebut salah satunya meliputi tes fisik,tes kesehatan serta kesamaptaan. Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Mohamad Ainur Rofiq, menuturkan mereka yang mengikuti seleksi tes fisik dan kesehatan adalah para pelajar yang lolos tes administrasi sebanyak 147 orang dari 300 pendaftar.

“Hari ini kegiatan seleksi calon anggota paskibraka kota Pekalongan tahun 2019 diikuti siswa/siswi dari 27 SMA/MA/SMK se-Kota Pekalongan. Sekitar 147 siswa yang lolos seleksi administrasi diperbolehkan mengikuti tes fisik serta kesehatan hari ini,” tutur Rofiq.

Peserta seleski Paskibraka Kota Pekalongan tahun 2019

Ia menyampaikan, dari Kesbangpol mensyaratkan setiap sekolah dapat mengirimkan 12-13 wakil siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka tingkat Kota Pekalongan yang nantinya akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

“Dari 147 yang mengikuti tes hari ini akan diambil 67 siswa yakni putra sebanyak 45 orang dan putri 23 orang. Yang lolos selanjutnya akan mengikuti tes wawancara yang akan dilaksanakan dalam minggu ini,” terang Rofiq.

Dirinya berharap, seorang paskibraka disamping memiliki postur fisik dan kesehatan yang bagus, ia juga harus memiliki pengetahuan, kemampuan diri, serta sikap yang sangat baik terutama dalam hal kedisiplinan sebagai contoh bagi teman-temannya.

 “Yang diharapkan seorang paskibraka, yang pertama fisik memiliki tinggi badan untuk putra maksimal 180 cm, minimal 170 cm, sedangkan putri minimal 165 cm, dan maksimal 175 cm dengan berat badan yang proporsional atau ideal. Serta dituntut memiliki pengetahuan yang baik tentang wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, kedisiplinan tinggi dan harus bisa menjadi contoh bagi teman-temannya,” harapnya. Salah seorrang peserta yanglols selesi administrasi dan bisa mengikuti kegiatan tes fisik, kesehatan, serta kesemaptaan mengaku senang dan bangga bisa terpilih menjadi salah satu anggota Paskibraka. “Senang dan sangat bangga bisa terpilih, apalagi saat seleksi mengalahkan peserta lainnya,” timpal Eka siswi kelas XII ini. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here