Ratusan Orang Tumpah Ruah Ikuti Acara Sedekah Laut di Tambak Lorok Semarang

Semarang, Sedekah Laut, Tambak Lorok

SIGIJATENG.ID, Semarang – Ratusan warga di kampung Tambak Lorok, Tanjungmas, Semarang, berkumpul untuk melangsungkan acara sedekah laut, Minggu (28/07/19). Mereka tidak hanya berasa dari warga setempat namun juga wisatawan.  Acara tersebut merupakan tradisi warga setempat yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.
Dalam pengamatan, nampak tujuh puluhan kapal nelayan yang ditumpangi warga membawa ‘sedekahan’ untuk di bawa ke tengah laut. Mulai dari kepala kerbau, buah-buahan, jajanan pasar, dan lain sebagainya.

Ketua panitia acara, Imam Sucipto mengatakan, kegiatan sedekah laut ini rutin dilaksanakan dan menjadi tradisi di Kampung Tambak Lorok. Menurutnya, acara sedekah laut di tahun ini lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini, banyak pihak yang terlibat dalam acara sedekah laut. Seperti KNTI, beberapa Karang Taruna, dan tentunya para Nelayan di Kampung Tambak Lorok,” ujarnya selepas acara.

Imam menambahkan, sedekah Laut ini nantinya juga bisa menjadi agenda wisata mengingat di Tambak Lorok akan menjadi Kampung Bahari Semarang. Diharapkan, setelah kampung laut selesai pembangunan, acara Sedekah laut bisa mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Dengan adanya sedekah laut ini akan menunjukkan adanya Kampung Bahari ini, yang diharapkan bisa menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Semarang, Slamet Ari Nugroho menambahkan, keikutsertaan KNTI dalam acara tersebut sudah menjadi amanah dalam mengawal dan mempublikasikan agar semakin dikenal luas di Indonesia. 

“Jadi dari kami juga mengkoordinir para nelayan di sini. Karena acara ini kan notabene hajatnya para nelayan,” tukasnya. (Taufiq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here