PT POS Indonesia Kerahkan 16 Armada untuk Bantu Pengiriman Logistik Pemilu KPU Demak

KPU Demak melepas armada logistik surat suara pemilu 2019 ke PPK, Kamis (11/4/2019).

SIGIJATENG.ID, Demak – KPU Demak melakukan boyongan surat suara ke masing-masing PPK (kecamatan), Kamis (11/4/2019) pagi.  Boyongan atau pengiriman logistikn KPU dibantu PT POS INDONESIA cabang Demak. Sebanyak 16 armada truk tronton dikerahkan untuk pengangkut logistik surat suara.

Pelepasan dilakukan secara simbolis oleh Ketua KPU Demak H Bambang Setya Budi. Disaksikan Kapolres AKBP Arief Bahtiar, Ketua Bawaslu Khoirul Saleh, serta pejabat PT Pos Indonesia Demak H Akhmad Sulkin. 

Wakil Kepala Kantor Pos Besar Semarang Bidang Bisnis Indriyatmoko mengatakan bahwa PT POS mendukung suksesnya pesta demokrasi salah satunya dengan turut serta pada pendistribusian logistrik. “Kami kerahkan 16 armada untuk pendistribusian logistik Pemilu 2019 ke 14 kecamatan atau PPK. Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut kerjasama antara PT Pos Indonesia demgan KPU Demak yang sudah terjalin selama ini. Utamanya dalam pendistribusian logistik,” ujarnya, didampingi Kepala Kantor Pos Demak Akhmad Sulkin. 

Meski demikian di lapangan masih ditemukan adanya kekurangan sekitar  21.000 lembar surat suara karena keterlambatan pengiriman dan kerusakan yang dikhawatirkan berimbas pada hak konstitusi warga. Hal ini ditegaskan Ketua Bawaslu Khoirul Saleh, bahwa kekurangan 21.000 surat suara tersebut meliputi PPWP 2.150, DPD Jateng 2.506, DPR RI 2.556,  DPRD Jateng 8.010, serta DPRD kabupaten 6.450. “Mengenai kekurangan surat suara tersebut mestinya KPU segera melakulan koordinasi dengan pusat agar bisa segera terpenuhi demi menjaga  hak konstitusi warga,” jelasnya.
Menanggapi hal ini, Ketua KPU H Bambang Setyabudi menjelaskan, 8.000 lembar di antaranya merupakan 2 persen cadangan per TPS sudah dalam pengiriman. Sementara 13.000 sisanya karena kerusakan, sedang dalam proses koordinasi dengan pusat. Pada saat sama KPU juga melakukan sortir ulang dan pengecekan lagi pada surat suara yang masih layak digunakan. (rara) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here