Poltekkes Semarang Berencana Buka Jurusan Baru

Acara Angkat sumpah perawat Poltekkes Semarang di Hotel MG Setos, Semarang, Rabu (27/3/2019).

SIGIJATENG.ID, Semarang – Sejumlah 70 alumni Diploma III Keperawatan Poltekkes Semarang dan 64 alumni Program Studi Profesi Ners melaksanakan prosesi angkat sumpah perawat. Kegiatan sedianya diadakan di Hotel MG Setos, Semarang, Rabu (27/3/2019).

Ketua Jurusan Jurusan Keperawatan Poltekkes Semarang, Soeharto mengatakan, acara angkat sumpah profesi tersebut dihadiri total 134 alumni yang berasal dari Semarang dan Grobogan.

“Untuk yang D3 Keperawatan Karyawan mayoritas sudah pegawai. Sedangkan yang Ners sudah ada yang pegawai ada yang belum,” ujarnya.

Soeharto menambahkan, dari 38 Poltekses yang ada di Indonesia, baru Poltekkes Semarang yang memiliki lulusan Ners. “Jadi selain sarjana kan harus dilengkapi studi pfofesinya juga. Jadi kedepan perwat itu juga harus Ners,” imbuhnya.

Ditanya menyoal langkah Poltekkes Semarang dalam menghadapi persaingan industri global, dia menerangkan bahwa saat ini Poltekkes terus berupaya mempersiapkan pembelajaran yang memang dirancang untuk menghadapi persaingan global.

“Sebagai contoh, kita ada muatan-muatan yang di dalamnya ada bahasa Inggrisnya di setiap semesternya. Harapannya ini bisa mempersiapkan lulusan yang bisa bersaing di era sekarang ini,” tambahnya.

Pihaknya juga berencana dalam membuka jurusan-jurusan baru yang diperlukan baik di dalam negeri maupun luar negeri sesuai perkembangan jaman.

“Seperti membuka prodi Caregiver dan lainnya. Dan nanti mungkin prodi-prodi yang overload seperti kebidanan bisa kita kurang. Mungkin juga D3 juga akan kita kurangi, sehingga tinggal S1, Profesi, dan bahkan kita Poltekes Magister Terapannya juga sudah ada. Kedepan Kedoktoral Keperawatan ada,” ucapnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here