Polres Kendal Gelar Lomba Olah TKP, Inilah Serunya 

Jajaran Polsek di wilayah hukum Polres Kendal melakukan simulasi Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dalam lomba olah TKP di halaman Mapolres Kendal, Jumat (05/7/2019) pagi.

SIGIJATENG.ID, Kendal – Polsek Kaliwungu, Jumat (05/7/2019) pagi menerima laporan terjadi pembunuhan di salah satu rumah warga. Tak berselang waktu dengan sigap anggota Sabhara, Reskrim dan Intel bergerak ke lokasi kejadian dengan membawa peralatan identifikasi.

Piket SKP Polsek Kaliwungu terlebih dahulu mengamankan tempat kejadian dengan memasang garis polisi. Setelah tempat kejadian di steril, anggota Reskirm langsung bergerak melakukan olah tempat kejadian perkara, guna mengungkap penyebab kematian korban.

Dengan berhati-hati anggota Reskrim ini masuk mendekati lokasi kejadian dengan memberi tanda agar lokasi tetap steril. Satu-persatu barang yang ditempukan di lokasi kejadian diidentifikasi termasuk memeriksa kondisi korban. Identifikasi dilakukan dengan berhati-hati dan cermat untuk mengungkap kasus tersebut.

Namun, kejadian tersebut bukanlah kejadian nyata akan tetapi hanyalah simulasi dalam sebuah lomba olah TKP yang diikuti sebanyak 24 tim dari polsek dan Polres Kendal yang dibagi dalam lima kelompok digelar Polres Kendal dan di halaman Mapolres Kendal, Jumat (05/7/2019).

Wakapolres Kendal Kompol Nur Cahyo Ari Prasetyo mengatakan tujuan dari lomba ini meningkatkan kompetensi anggota polisi bukan hanya fungsi Reskrim tetapi seluruh jajaran harus bisa melakukan olah TKP. Peserta melakukan simulasi olah TKP kasus bunuh diri, pembunuhan dan laka lantas. 

“Tahapan-tahapan atau penatalaksanaan standart operating procedure (SOP) mulai dari saat mendatangai TKP, pelaksanaan olah TKP dan konsolidasi setelah selesai pelaksanaan olah TKP itu yang menjadi dasar penilaian,” terangnya.

Disampaikan, jika jajaran anggota Polsek di seluruh wilayah hukum Polres Kendal dituntut harus bisa melakukan fungsinya dalam melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) saat menangani sebuah kasus lakalantas maupun kriminalitas.

“Guna meningkatkan ketrampilan dan kemampuan dalam bidang tersebut, seluruh anggota polri terutama jajaran anggota Polsek di Polres Kendal dilatih dengan mengikuti kegiatan lomba simulasi Olah TKP. Jadi, dalam melakukan Olah TKP tidak hanya menjadi tugas kesatuan masing-masing,” jelas Wakapolres.

Kanit Reskrim Polsek Kaliwungu, Ipda Kristiono mengaku dalam lomba ini waktu yang disediakan cukup pendek. “Padahal untuk mengolah tempat kejadian khususnya kasus pembunuhan membutuhkan waktu yang lama karena perlu kehati-hatian dan detail. Namun demikian lomba ini sangat membantu anggota di tingkat polsek untuk bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam melakukan penyelidikan,” tandas Kristiono usai lomba. (Dye)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini