Pleno Penetapan KPU Sragen; PDI Perjuangan Raih Kursi Tertinggi

SIGIJATENG.ID, Sragen – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen akhirnya menyelesaikan Pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sragen setelah sempat tertunda. Sejatinya rapat pleno terbuka digelar pada 3 Juli lalu, namun karena aturan dan mekanisme di Mahkamah Konstitusi (MK), diundur hingga Jumat (9/8/2019).

Acara yang digelar di Aula Kantor KPU Sragen Jumat Sore ini berjalan lancar. Sejumlah anggota atau perwakilan partai politik (Parpol) juga turut hadir dalam rapat ini. Sesuai prediksi, tidak ada perubahan terkait parpol pemenang di Kabupaten Sragen. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperoleh 13 kursi di Bhumi Sukowati.

Ketua KPU Sragen Minarso menyampaikan pada Pleno terbuka ini dibacakan perolehan angka per partai. Sehingga bisa disimpulkan dari masing-masing partai per dapil mendapat jumlah kursi. Lantas dilanjutkan dirangking, mengetahui siapa caleg partai yang mendapat kursi. ”Hasil kerja jajaran KPU Sragen di tingkat MK  tidak ada kendala. Hasilnya sesuai dengan Pleno kita,” terangnya.

Minarso menyampaikan di Sragen PDIP mendapat 13 Kursi. Dengan demikian PDIP menjadi partai pemenang pada pemilu 2019 ini. Perolehan kursi PDIP menjadi yang terbanyak untuk periode DPRD 2019-2024. ”Kalkulasi media, dan masyarakat sesuai dengan hasil pleno ini,” terangnya.   

Setelah ini, hasil pleno segera disampaikan ke Gubernur melalui bupati. Hasil Rapat Pleno kemudian segera diteruskan untuk digelar pelantikan anggota DPRD yang baru.  

Sementara Sekretaris DPRD Joko Saryono, pelantikan anggota DPRD Sragen terpilih, akan digelar pada 12 Agustus nanti. Pihaknya sudah membentuk panitia dan berkoordinasi dengan pihak terkait. ”Panitia sudah kami bentuk dan persyaratan administrasi telah kami siapkan, termasuk berkoordinasi dengan instansi terkait,” jelas Joko.(santo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here