Pilkada 2020, PKB Optimis Menang di 10 Daerah di Jateng, Ini Datanya

SIGIJATENG.ID, Wonosobo – Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Tengah optimis bisa meraih kemenangan di 10 daerah dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang.

Pilkada akan digelar 23 September 201/20 dan di Jateng dihelat pilkada di 21 kabupaten/kota.
Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman mengatakan, optimiame kemenangan di 10 daerah berdasarkan dengan kalkulasi suara di lapangan.
“Melihat peta kekuatan yang ada dan berkaca pada hasil Pileg dan Pilpres lalu, 10 daerah akan diincar PKB untuk meraih kemenangan. Khusus 5 daerah Calon Bupati dari PKB berpotensi menang sangat tinggi,” kata Sukirman di Wonosobo disela sela acara Konsolidasi Badan Otonom PKB Garda Bangsa se-Jawa Tengah, Sabtu (2/11/2019).

Sukirman membeberkan, ke-10 Kabupaten/Kota tersebut yakni Kabupaten Pekalongan, Wonosobo, Kebumen, Blora, Pemalang, Demak, Kendal, Blora, Kota Pekalongan, dan Rembang. 

“Peluang ini sekaligus menjadi target kami. Dan ini adalah sangat realistis. Karena, saat ini, konsolidasi yang dilakukan PKB di 10 daerah tersebut sangat baik, punya kader yang potensial dan cukup mengakar,” kata Wakil Ketua DPRD Jateng ini.
Sukirman menambahkan, 21 DPC PKB yang akan mengikuti Pilkada serentak 2020 saat ini sedang melakukan penjajakan koalisi. Sebab ada beberapa daerah di mana PKB tidak bisa mengajukan calon sendiri tanpa mengandeng partai lain dan ada yang bisa maju sendiri.

“Soal penentuan siapa calon bupati dan calon wakil bupati yang akan diberi rekomendasi, PKB punya mekanisme internal sendiri. Yang jelas, tolok ukur yang digunakan adalah penjaringan dari bawah, hasil survei dan peta koalisi yang ada,” bebernya.

Selain melalui mekanisme internal, dalam penentuan calon bupati dan calon wakil bupati, PKB juga akan melakukan koordinasi dengan NU dan meminta pertimbangan dari kiai. Selama ini konsolidasi yang dilakukan PKB dan NU di semua tingkatan sangat cair.

“DPW PKB dan DPC PKB di 21 Kabupaten/Kota yang akan mengikuti Pilkada serentak selalu membangun komunikasi dengan NU dan para Kiai. Meski tidak dilakukan secara massal, DPW PKB akan melakukan pertemuan khusus dengan PWNU terkait persiapan Pilkada,” bebernya.

Dalam penentuan calon bupati dan calon wakil bupati, PKB tidak hanya mengajukan kader internal, juga membuka peluang kader di luar partai sepanjang tingkat keterterimaan di masyarakat tinggi dan berpeluang untuk memenangkan pertarungan Pilkada.

Guna memenangi pertarungan Pilkada, PKB akan berupaya menggerakan mesin dan sayap partai dari tingkat ranting hingga kabupaten/kota. Di sayap partai, PKB punya Garda Bangsa, Garda Perempuan, Garda Milenial, Garda Santri, Garda Aswaja, Perempuan Bangsa, maupun Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa. (Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here