Persis Satu Tahun Fun Cupping,  Ini Yang Dilakukan Beberapa Coffee Shop Semarang

Suasana Fun Cupping 1st Anniversary di Bild Photospot Semarang, Minggu (13/10/2019)

SIGIJATENG.ID, Semarang- Digelar Fun Cupping 1st Anniversary di Bild Photospot, Jl. Rinjani No. 3A, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Semarang, pukul 08.00 s.d 16.30 WIB, Minggu (13/10/2019).

Fun Cupping 1st Anniversary adalah salah satu wadah mencicip dan mencitarasakan kopi. Acara ini diinisiasi oleh beberapa coffee shop di Semarang, yang sebelumnya telah mengadakan acara rutin serupa (fun cupping) sebulan sekali. Salah satunya datang dari Lost In Coffee Semarang.

“Sebenarnya kalau acara ini sendiri, awalnya dari ide saya dan teman-teman di Lost In Coffee sih Mbak. Karena memang kalau berbicara kopi, di belahan dunia manapun ya nggak bisa meninggalkan proses cupping itu sendiri,” ujar Bayu Sakti Pamungkas, selaku ketua panitia sekaligus salah satu Owner Lost In Coffee kepada sigijateng.id, Minggu (13/10/2019).

Ia mengatakan bahwa cupping coffee adalah basic utama coffee shop untuk mencitarasakan kopi yang mereka jual. Kualitas, layak tidaknya hingga edukasi yang diberikan pada customer perihal jenis kopi yang dijual. 

Ia juga merasa bahwa adalah hak pengunjung atau pecinta kopi untuk tahu bagaimana proses dari awal biji kopi di tanam hingga menjadi sajian kopi yang mereka seduh. Termasuk jenis dari kopi-kopi itu sendiri. Di agenda rutin tiap bulan, fun cupping tersebut menyediakan edukasi sederhana mengenai hal terkait yang sudah diadakan di beberapa coffee shop di Semarang.

“Secara basic, acara ini memang cupping coffee yang memang di acara reguler tiap bulan itu kami membagi sedikit edukasi untuk fun cupping. Tapi kali ini lebih ke wujud syukur kita atas berlangsungnya acara reguler fun cupping yang digelar per bulan itu. Dan ini tepat 12 bulan, makanya temanya 1st anniversary,” katanya.

Bayu menganggap bahwa di era kekinian, kopi menjadi salah satu minuman yang menjadi media pendamping dari kegiatan atau pekerjaan apapun. Oleh karena itu, di acara kali ini, mereka menggandeng beberapa industri kreatif selain coffee shop.

“Nah, memang acara ini kan terbentuk dari obrolan antar temen yang sering ngumpul dan kebetulan punya coffee shop sendiri-sendiri. Akan tetapi karena kami melihat realitas bahwa kopi itu tidak hanya milik dari coffee shop itu sendiri. Tapi ya kegiatan apapun, pekerjaan apapun, kopi adalah media. Itulah makanya di sini kami sepakat mengajak temen-temen yang punya usaha di bidang kreatif lain sebagai tenant, kecuali kopi,” ujarnya.

Beberapa tenant yang mengisi acara Fun Cupping ini diantaranya stand makanan, minuman, tattoo, karikatur, potong rambut, hingga fashion (baju, kaos), peralatan kopi, serta lifestyle berupa print sablon tote bag. Sedangkan untuk bisa mencicipi kopi yang disediakan, ia menyebut pengunjung bisa free flow coffee.

“Untuk kopinya sendiri kali ini disponsori coffee shop yang pernah menyediakan tempat untuk fun cupping bulanan. Ada KnK, terus Terra Coffee dan masih banyak lagi. Jadi kami sepakat pengunjung bisa free flow coffee. Silakan mencicipi atau meminum kopi yang kami sediakan. Kalau habis atau pengen nambah, ya ditambah lagi, ditambah lagi sampai ibaratnya bosen,” pungkasnya.(Titis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini