Permintaan Tinggi, Poltekkes Semarang akan Buka Jurusan Caregiver

Suharto saat memberi sambutan dalam acara pengangkatan sumpah bagi puluhan lulusan D3 Keperawatan, di MG Setos Gajahmada, Rabu (27/3/2019).

SIGIJATENG.ID, Semarang – Kebutuhan akan seorang berprofesi sebagai Caregiver di negara-negara maju nampaknya masih tinggi. 

Melihat potensi besar tersebut, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang (Poltekkes) sedang menyiapkan lulusan perawat yang mumpuni untuk dijadikan sebagai caregiver atau pengasuh lansia.

Suharto, Kepala Jurusan Keperawatan Poltekkes mengatakan, salah satu negara yang memiliki permintaan tinggi akan seorang berprofesi sebagai Caregiver dari Indonesia adalah Jepang.

Namun, saat ini, hal tersebut pemerintah Indonesia belum bisa menyanggupi seluruh permintaan dari negeri sakura tersebut mengingat sumber daya manusia yang belum memadai.

“Permintaan caregiver hampir semua negara maju membutuhkan. Tapi saat ini masih ada kendala, terutama kendala bahasa,” ujarnya, Rabu (27/3/2019).

Untuk itu, pihaknya akan membuka program jurusan caregiver. Dimana nantinya, pengutan bahasa akan diberikan sebagai modal para lulusan untuk bisa bekerja berprofesi sebagai caregiver di luar negeri.

“Kita akan perkuat pembelajaran bahasa asingnya supaya bisa segera dipasok ke negara-negara yang membutuhkan profesi caregiver,”tukasnya. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here