Pengadilan Tinggi Luncurkan Online Pertama Silaper, Yuk Kunjungi

Prim Haryadi selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung didampingi oleh Sri Sutatiek selaku Ketua Pengadilan Tinggi Jateng saat meluncurkan Silaper di PT Jateng, Rabu (9/10/2019). (Foto Titis/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Semarang-Sistem Informasi Layanan Perkara (Silaper) merupakan salah satu aplikasi baru yang diluncurkan Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Tengah di PT Jateng, Rabu (9/10/2019).

Sebagai upaya mekanisme peradilan modern, aplikasi tersebut diluncurkan langsung oleh Prim Haryadi selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung, didampingi oleh Sri Sutatiek selaku Ketua Pengadilan Tinggi Jateng, bersama Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jateng, Sarwa Pramana.

“Silaper ini adalah aplikasi pertama yang diluncurkan di Indonesia oleh Pengadilan Tinggi,” tutur Prim, Rabu (9/10/2019)

Ia juga mengatakan bahwa Pengadilan Tinggi Jateng merupakan pioner terkait peluncuran aplikasi online

yang diharapkan mampu menjadi terobosan dan memudahkan para pencari keadilan, khususnya di Jawa Tengah.

Selain peluncuran aplikasi Silaper, Pengadilan Tinggi Jateng juga meluncurkan lima aplikasi penunjang lainnya.

“Ada lima aplikasi penunjang lain yang diluncurkan. Ada Apic, E-Baperjakat, E-Persuratan, E-Detention, dan SMPK,” ungkap Sri Sutatiek.

Terkait pengoperasian, ia menerangkan bahwa aplikasi dan website di PT Jateng sendiri membutuhkan kapasitas server yang relatif besar.

“Untuk pengoperasiannya memang butuh server dengan kapasitas besar. Karena memang jumlah perkara di Jateng ini jumlahnya ribuan. Dari data IT kami, paling tidak membutuhkan 10 terabyte lebih. Kemungkinan dengan kapasitas tersebut bisa bertahan selama lima tahun,” tambahnya.

Untuk itu, PT Jateng mengajukan hal tersebut kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sutatiek berharap gubernur dapat merespon positif pengajuan ini supaya pendataan perkara dan penanganannya bisa lebih efisien.(Titis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here