Pemudik Menggunakan Kapal Laut Tahun Ini Diprediksi Naik

Ilustrasi: Pumudik turun dari Kapal Laut


SIGIJATENG.ID
, Semarang – Kantor Kesyahbandaran dan Otorisasi Pelabuhan Tanjung Emas memprediksiakan terjadi peningkatan pemudik menggunakan kapal laut yang masuk Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. 
Kenaikan jumlah pengguna kapal laut diprediksi mencapai angka 10 – 15% dari tahun sebelumnya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otorisasi Pelabuhan Tanjung Emas, Ahmad Wahid mengatakan, peningkatan tersebut lantara meningkatnya minat masyarakat menggunakan moda transportasi laut untuk perjalanan mudik di tahun ini.

“Tahun ini kami perkirakan ada peningkatan penumpang dari jumlah penumpang tahun lalu yang mencapai 78.000,” ujarnya, Senin (13/5/2019).
Mudik tahun ini, Pelabuhan Tanjung Emas akan mengoperasikan sebanyak 17 kapal dan tiga diantaranya diperuntukkan untuk program mudik gratis yang mencapai 12.000 orang.

Khusus untuk mudik gratis, lanjutnya, kapal-kapal tersebut akan mulai beroperasi sejak tanggal 30 Mei 2019. “Persiapan sudah kordinasi dengan berbagai stakeholder dan menteri perhubungan juga sudah melakukan pengecekan dan sudah siap,” imbuhnya.

Disebutnya, kesemua penumpang tersebut merupakan tujuan dari Jakarta – Semarang, tidak ada dari wilayah lain. Sementara itu, kepadatan mudik disebutnya akan mulai terasa sejak h-7 lebaran. (dian)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini