Pemkot Pekalongan Latih Masyarakat Pandai Berbisnis Online

Dinkominfo Kota Pekalongan menggelar Seminar Bisnis Online/Digital Marketing yang berlangsung di Gedung Pusat Inovasi Budaya Batik (PIBB) Kota Pekalongan, Sabtu (6/4/2019).

SIGIJATENG.ID, Kota Pekalongan – Setidaknya 100 orang pengelola telecenter kelurahan dan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) se-Kota Pekalongan dilatih memasarkan produk secara online. 

Kegiatan pelatihan yang di selenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan tersebut melalui Seminar Bisnis Online/Digital Marketing yang berlangsung di Gedung Pusat Inovasi Budaya Batik (PIBB) Kota Pekalongan, Sabtu (6/4/2019).

Pelaksana kegiatan seminar bisnis online yang juga selaku Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi dan Persandian, Harry Rudiyanto mengatakan pelatihan ini diikuti sekitar 100 orang peserta dari pengelola telecenter kelurahan dan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) se-Kota Pekalongan.

“Peserta sebanyak 100 orang yang diambil dari pengelola telecenter kelurahan dan pengurus TP PKK se-Kota Pekalongan. Dalam kegiatan ini dihadirkan dari salah satu Tim Cyber UMKM Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pekalongan,” kata Harry.

Sementara itu, Plt. Dinkominfo Kota Pekalongan, Agust Marhaendayana menuturkan pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Jadi ke-113 Kota Pekalongan sekaligus acara Pameran dan Pekan Informasi Daerah (PPID) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekalongan. 

“Ini masih rangkaian PPID dan memeriahkan Hari Jadi Kota Pekalongan. Harapannya para pengusaha UMKM di Kota Pekalongan khususnya memiliki pola yang berbeda. Jika semula transaksi masih manual, melalui seminar ini, mereka akan mengawali bagaimana jual beli dengan online atau digital marketing,” tuturnya.

Lebih lanjut, Agust menjelaskan pelatihan diberikan kepada para peserta baik yang telah memiliki usaha maupun yang belum. “Materi yang diberikan seperti bagaimana berdagang secara online, prinsip berdagang, melayani customer dengan baik, etika berdagang secara online, dan sebagainya,” terangnya. 

Salah satu pemateri seminar, Farid Hasan Fuad menambahkan, untuk membuka bisnis online tidak membutuhkan banyak modal. Baik itu, menyewa kios atau lapak, cukup dengan modal gadget dan koneksi internet saja, calon pengusaha sudah bisa memasarkan produknya.

“Inti dasar jualan online itu sederhana, mudahkan calon pembeli menemukan media jualanmu , makanya kuasai dulu riset online mulai dari riset pasar hingga pandai-pandailah mensetting akun,” imbuhnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here