Pelaku UKM Antusias Ikuti Bintek Pelatihan Dinkop dan UKM Jateng

Pelaku UKM yang kebanyakan kaum ibu-ibu antusias mengikuti bintek dan pelatihan yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng di Desa Protomulyo Kaliwungu Selatan, Senin (25/2/2019). (foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Geliat pelaku Usaha Kecil Menengah di wilayah Kabupaten Kendal terus berbenah. Salah satunya aktif mengikuti berbagai kegiatan bimbingan teknis dan pelatihan secara langsung. 

Seperti yang dilakukan olah puluhan ibu-ibu rumah tangga di Kecamatan Kaliwungu Selatan ini khususnya. Mereka antusias mengikuti pelatihan yang digelar di Balai Desa Protomulyo, Senin (25/2), oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng.

Pegiat pemberdayaan masyarakat, Nuraeni (40) mengatakan banyak potensi sumber daya alam yang ada bisa dimaksimalkan dan dikelola dengan baik.

“Kami ingin mengajak masyarakat mampu mengolah dan memanfaatkan potensi itu. Sehingga, masyarakat kreatif, inovatif dan mandiri,” katanya. 

Menurutnya, banyak berbagai olahan makanan yang dihasilkan dari potensi alam lingkungan sekitar. Seperti produksi olahan keripik, olahan roti, snack dan sebagainya. 

“Tak hanya mengolah saja, hasil produksi yang sudah ada nantinya kita bantu cara pemasarannya. Apalagi target pasar sudah ada yakni kelas menengah ke atas,” tuturnya. 

Perempuan yang juga memiliki usaha berbagai olahan keripik ini mengaku ingin sekali meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UKM bisa memiliki penghasilan nilai tambah.

“Target pasar sudah ada, mulai kelas menengah hingga atas. Bahkan, produksi hasil olahan mereka bisa menjangkau di tingkat nasional. Tinggal kita menggali skill dan semangat mereka dalam melakukan usaha ini,” paparnya. 

Analisis Koperasi Seksi Produksi Bidang Bina Usaha dan Pemasaran pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Didik Prabowo mengatakan dengan memaksimalkan potensi lokal yang tadinya memiliki nilai value rendah jika diolah dengan baik dan benar maka akan mampu menaikkan nilai value menjadi tinggi. 

“Ya harapan dan target sasaran pelatihan bintek ini bisa menumbuhkan dan mengembangkan kapasitas kualitas produksi UMKM di wilayah Kabupaten Kendal utamanya,” kata dia. 

Disampaikan, pengolahan potensi alam dengan bahan baku yang mudah di dapat bisa dikerjakan di rumah masing-masing warga. Masyarakat yang aktif dan mau berusaha, mengelola potensi itu, nantinya bisa menjadi sumber pendapatan bagi mereka. 

“Butuh ketrampilan dan semangat dalam melakukan itu. Sehingga tempat dan waktu mereka tidak terikat. Serta masih bisa berkumpul bersama keluarganya masing-masing,” tukasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kendal, Kuncahyadi mengatakan bahan baku yang digunakan hanya memanfaatkan potensi lingkungan sekitar. 

“Dari hal itu, bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan ekonomi tambahan bagi keluarga. Pemerintah daerah akan selalu memberikan pendampingan dam memfasilitasi para pelaku UKM agar terus berkembang dengan baik,” tandasnya. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here