PDIP Gelar Rakernas, Bahas Pengisian Pimpinan DPR dan DPRD

SIGIJATENG.ID, Jakarta – PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas), Rabu (19/6/2019). Rakernas disebut akan membahas segala persiapan Kongres V PDIP yang jadwalnya dipercepat dari yang ditetapkan sebelumnya.

“Lusa (Rabu/19/6/2019) kita akan (menggelar Rakernas),” ujar Ketua DPP PDIP Trimedya Pandjaitan di kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

Dilansir detikcom, Trimedya mengatakan fokus Rakernas yang akan digelar pada Rabu (19/6) ini akan membahas ke pengisian pimpinan DPRD hingga DPR RI. Sebab, di internal PDIP sudah meminta agar Rakernas ini segera dimulai.

“Yang menjadi perhatian DPP adalah, setelah pileg ini bagaimana pengisian pimpinan DPRD, kalau DPR, tentu itu Ibu Ketua Umum yang banyak menentukan. Dan itu lah tugas utamanya Rakernas itu nanti, dan itu memang sudah mulai bergolak itu,” kata Trimedya.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Andreas Pareira mengatakan rakernas juga akan membahas terkait persiapan Kongres V PDIP yang akan digelar di Bali pada awal Agustus mendatang.

“(Materi Rakernas) Ya Persiapan-persiapan menuju kongres saja, kan banyak agenda-agenda menjelang, evaluasi pasca pemilu, terus kemudian pengisian jabatan di DPR, di daerah. Artinya persiapan menghadapi perubahan pemerintahan yang baru. Mensinergikan pusat sampai ke daerah,” ucap Andreas, di lokasi yang sama.

Perlu diketahui Rakernas IV PDIP akan digelar pada Rabu (19/6) di kantor DPP PDIP, Jl Pangeran Diponegoro, Jakarta Pusat. Akan ada beberapa agenda yang akan dibahas, salah satunya terkait rencana percepatan Kongres V PDIP yang akan digelar di Bali pada Agustus mendatang.

Surat bernomor 5214/IN/DPP/V/2019 tersebut diteken oleh putra Ketum PDIP Megawati, Prananda Prabowo sebagai Ketua DPP dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hingga saat ini belum diketahui pasti apakah Rakernas dan Kongres nantinya akan membahas pergantian Ketum baru, atau tidak.

Kongres PDIP sendiri sedianya digelar pada 2020 nanti, namun dipercepat menjadi 8-10 Agustus 2019 di Bali. PDIP terakhir kali melaksanakan kongres pada 2015. Saat itu, dalam Kongres IV, PDIP secara aklamasi kembali mengukuhkan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum 2015-2020. Jabatan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketum PDIP seharusnya baru berakhir pada 2020. (aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini