Panitia Pilkades Tidak Netral, Sempat Memanas, Akhirnya Mundur

Masa pendukung padati rumah salah satu calon kades untuk berikan dukungan saat ambil nomor undian. ( foto santo/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Sragen– Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Patihan Kecamatan Sidoharjo kedapatan mengikuti rapat dengan tim sukses dengan salah satu calon Kepala Desa (kades). Kondisi tersebut sempat membuat suasana desa memanas. Ketua panitia akhirnya memilih mundur dari jabatannya, Jumat (30/8/2019).

Informasi yang dihimpun, panitia Pilkades Patihan, Jumadi terbukti ikut rapat tertutup dengan tim sukses salah satu calon Kades di sebuah warung Sate. Kecurigaan tim lawan itu lantas ditindaklanjuti dengan menemui Ketua Panitia desa saat dalam perjalanan pulang Kamis (29/8/2019) malam sekitar pukul 23.15 di areal persawahan Dukuh Gondangan, Desa Patihan.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Sragen Hiladawati Aziroh menyampaikan pihaknya langsung menuju ke desa Patihan Jumat (30/8/2019). Setelah kejadian itu, Ketua Panitia Pilkades desa setempat memilih mengundurkan diri. ”Jadi yang bersangkutan telah mengundurkan diri. Kami juga telah memanggil panitia dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) untuk ditindaklanjuti mencari penggantinya,” terangnya.

Sesuai ketentuan, untuk mencari pengganti ketua panitia lantas menjadi kewenangan BPD. Wati menyampaikan dalam regulasi soal pilkades, tidak ada sanksi tambahan bagi ketua panitia tersebut setelah mengundurkan diri. ”Karena yang bersangkutan sudah mundur dan mengakui kesalahannya. Maka panitia baru harus segera ditindaklanjuti oleh BPD,” kata Wati.

Kabag Pemdes menyampaikan belum ada laporan lain terkait permasalahan pemdes selain di Patihan tersebut. Jika ada isu, lain belum bisa ditindaklanjuti lantaran belum ada laporan resmi. Sementara itu, Wakil Bupati Dedy Endriyatno menyampaikan selain masalah di desa Patihan, ada pula informasi soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga berasal dari wilayah Kecamatan Sidoharjo. Dia menyampaikan info tersebut baru sepihak dan belum ada klarifikasi dari yang bersangkutan. (santo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here