Paloh Prediksi Jokowi-Ma’ruf Unggul Telak 80% di Sulut

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat orasi dalam kampanye rapat akbar di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) Rabu (27/3/2019). ( foto istimewa)

SIGIJATENG.ID – Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin diprediksi akan menang telak di Sulawesi Utara hingga mencapai 80 persen.

Prediksi tersebut disampaikan Ketua Umum Partai NaDem Surya Paloh di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) pada Rabu (27/3/2019). Surya Paloh berada di Manado dalam rangkaian kampanye rapat akbar Partai NasDem. Surya Paloh tiba di Manado hanya selang dua hari setelah capres Prabowo  Subianto berkampanye di kota ini.

“Prediksi saya sampai 80 persen (kemenangan Jokowi),” kata Surya di hotel tempatnya menginap di Manado sebelum memulai kampanye terbuka rapat akbar.

Dalam rilisnya, Surya mengatakan, kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Sulawesi Utara, tidak lagi perlu diragukan. Salah satu alasannya adalah karena seluruh struktur, kader, simpatisan Partai NasDem serta masyarakat bertekad memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Target kemenangan jelas ini. Tidak usah ragu. Saya pikir mayoritas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara ini memberikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin,” kata Ketua Umum NasDem itu.

Sedangkan mengenai pileg, kata Surya Paloh, NasDem menargetkan mendapat dua kursi dari jumlah total enam kursi yang diperebutkan di Sulawesi Utara.

“Ini potensial bagi NasDem. Dari enam kursi yang diperebutkan oleh para peserta pemilu, NasDem bisa mendapatkan dua kursi,” tambah dia.

Keyakinan itu diperkuat konsolidasi yang dilakukan NasDem Sulawesi Utara.

Sebelumnya Surya Paloh berdialog dengan pimpinan dua forum organisasi keagamaan terbesar di Kota Manado yakni Badan Kerjasama Antar Umat Beragama (BKUB) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Dalam pertemuan itu, Surya menekankan pentingnya kerukunan hidup antarumat beragama. Kerukunan dibutuhkan untuk mewujudkan kemajuan pembangunan nasional.

Ketua Umum NasDem itu mengapresiasi Kota Manado sebagai kota paling toleran di Indonesia.

“Mereka menaruh harapan bagaimana kerukunan yang ada di Manado bisa berlaku di seluruh wilayah di Indonesia,” jelas Surya mengenai pertemuan itu.

Para tokoh lintas agama itu, kata Surya menaruh harapan yang besar pada NasDem. Mereka percaya NasDem mampu mewujudkan kerukunan hidup beragama di tingkat nasional.

“Saya sebagai pucuk pimpinan NasDem tentu akan meneruskan semangat tersebut untuk terus menjaga nasionalisme dan idealisme kebangsaan,” tutur Surya.

Di tempat yang sama, Ketua FKUB Kota Manado, Pendeta Renata Ticonuwu mengatakan Surya Paloh merupakan tokoh nasional yang dinilai mampu menjaga kerukunan. Itulah salah satu alasan para tokoh agama mengadakan pertemuan  dengan Surya Paloh. “Kami sangat mengapresiasi pertemuan ini. Banyak hal yang dibahas mengenai kerukunan dan semangat nasionalisme. Kerukunan adalah sesuatu yang mahal yang harus dijaga,” katanya. (aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here