Olah Raga Murah, Ini 8 Manfaat Jalan Kaki Meski Hanya 15 Menit Setiap Hari

Aktifitas warga yang memanfatkan arena Car Fre Day Simpang Lima Semarang untuk olah raga jalan kaki

SIGIJATENG.ID, Anda mungkin pernah mendengar ungkapan yang mengatakan kalau berjalan adalah obat dari segala sesuatu? Ternyata itu benar sekali lho. Karena gaya hidup yang kurang bergerak tanpa kamu sadar adalah sumber dari banyak penyakit. Apalagi, olah raga jalan kaki juga tidak butuh biaya besar, minimal cukup bawa air putih satu botol.

Karena itulah penting untukmu punya gaya hidup yang aktif. Sesedikitnya berjalanlah dalam waktu 15-30 menit setiap hari, maka akan bisa secara drastis meningkatkan, tidak hanya penampilan keseluruhan seseorang, tetapi kesehatan juga.

Inilah 8 manfaat jalan kaki setiap di antaranya!

Kesehatan otak serta mental

Penelitian mengungkapkan kalau latihan aerobik seperti berjalan bisa mencegah demensia dini, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, serta meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Belum lagi berjalan juga bisa mengurangi stres dan mempertahankan tingkat endorfin yang lebih tinggi.

Meningkatkan kesehatan mata

Berjalan membawa dampak kesehatan bagi banyak bagian tubuh kita termasuk mata. Tanpa kamu sadar, berjalan secara rutin bisa membuat matamu tetap sehat. Selain itu juga bisa membantu melawan glaukoma, dengan menghilangkan tekanan di mata.

Memperlancar pencernaan.

Kamu sulit buang air besar? Bisa jadi karena kamu kurang berjalan! Berjalan kaki 30 menit setiap hari tidak hanya bisa menurunkan risiko kanker usus besar di masa depan, tetapi juga meningkatkan kelancaran saluran pencernaan dan mencegah sembelit, dengan membantu mengatur pergerakan ususmu.

Mencegah penyakit jantung

Menurut American Heart Association, berjalan tidak kalah efektifnya dengan berlari, ketika menyangkut pencegahan penyakit jantung ataupun stroke. Aktivitas ini membantumu menghindari masalah jantung, dengan cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatkan kapasitas paru-paru

Berjalan bisa meningkatkan aliran oksigen dalam aliran darah dan membantu melatih paru-parumu, sambil menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Semakin baik dan semakin dalam pernapasan, gejala yang berhubungan dengan penyakit paru-paru juga akan semakin berkurang.

Membuat otot lebih kencang

kencang dan penurunan berat badan juga didapatkan melalui berjalan. Latihan berjalan 10 ribu langkah sehari bisa kamu anggap sebagai pengganti olahragamu di gym, terutama kalau kamu menambahkan rute-rute sulit seperti menanjak dalam rute berjalanmu. Selain itu, berjalan tidak akan membuat otot-ototmu sakit hingga keesokan harinya sehingga kamu bisa rutin berjalan setiap hari.

Tulang dan sendi akan lebih kuat

Berjalan dapat memberikan lebih banyak mobilitas pada sendi, mencegah hilangnya massa tulang, dan bahkan mengurangi risiko patah tulang. The Arthritis Foundationmerekomendasikan untuk berjalan cukup setidaknya 30 menit sehari secara teratur untuk mengurangi rasa sakit, kaku bahkan peradangan pada persendianmu.

Mengurangi sakit punggung

Buat kamu yang sering mengalami sakit punggung, seringkali olahraga yang terlalu berat bisa membuatnya semakin parah. Karena itulah kamu perlu mencoba berjalan dengan rutin.

Berjalan memberikan kontribusi untuk sirkulasi darah yang lebih baik dalam struktur tulang belakang dan meningkatkan postur serta fleksibilitas. Hal ini sangat penting untuk tulang belakang yang sehat.

Dalam satu hari yang kamu miliki berisi 24 jam, dan rasanya tidak terlalu sulit untuk meluangkan setidaknya 15-30 menit sehari untuk berjalan bukan? Apalagi berjalan adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan di mana saja dan kapanpun juga. (Rizal/Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here