Hujan Angin Menyebabkan Listrik di Kendal Sering Padam, PT PLN Diminta Sigap

Petugas PLN Kendal berupaya melakukan penanganan penyambungan kabel listrik yang putus akibat tertimpa pohon tumbang di jalan Weleri-Sukorejo, Rabu (6/2/2019).

SIGIJATENG.ID, Kendal – Hujan lebat disertai angin yang terjadi di Kendal dalam beberapa hari terakhir telah menyebabkan listrik padam di sejumlah wilayah. Hujan angin itu menyebabkanya pohon tumbang yang yang menimpa jaringan isntalasi listrik.

Seperti yang terjadi di jalan alternatif Weleri-Sukorejo tepatnya di Desa Pagergunung Kecamatan Pageruyung, pohon tumbang telah mengakibatkan kabel jaringan listrik putus pada Rabu (6/2/2019) malam lalu. Akibatnya, layanan listrik pun menjadi terganggu, karena di sejumlah wilayah mengalami gangguan listrik padam, seperti Pageruyung, Sukorejo dan Plantungan.

Achmad Malik (25) warga Kauman Sukorejo menuturkan selama musim penghujan ini sering terjadi listrik padam. “Listrik sering padam. Jika seperti ini terus, bisa membuat kerusakan pada sejumlah barang terutama barang elektronik,” kata Achmad Malik, Kamis (7/2/2019). 

Menurutnya, imbas sering terjadinya listrik padam juga menyebabkan sebagian pelaku usaha kecil merugi. Selain karena tidak bisa produksi maksimal, juga menyebabkan peralatan mengalami kerusakan. 

“Saya berharap pihak terkait (PLN) harus sigap, gerak cepat menangani hal itu. Kasihan masyarakat (konsumen) yang tiap hari membutuhkan listrik jika sering padam,” tuturnya.

Terkait itu, Manager PLN Rayon Kendal Tresna mengatakan gangguan listrik padam terjadi karena jaringan listrik putus tertimpa sejumlah pohon yang tumbang. 

Penanganan listrik padam itu, pihaknya langsung melakukan pembenahan dan perbaikan jaringan yakni dengan menyambung kembali jaringan kabel yang putus. 

“Memang betul, Rabu malam lalu ada tiga tiang jaringan listrik roboh akibat tertimpa pohon yang tumbang. Petugas kami juga langsung melakukan penanganan,” kata Tresna. 

Sementara untuk pohon tumbang, lanjut dia, juga sudah ditangani langsung oleh BPBD Kendal agar tidak menghalangi akses jalan. “Sedangkan tim PLN Sub Rayon Weleri fokus penormalan dan penyambungan kabel listrik,” jelasnya. 

Disampaikan, kondisi hujan deras menjadi kendala saat dilakukan penyambungan kabel. Meski begitu, pihaknya selalu berupaya agar listrik normal dan nyala kembali,” terang Tresna. 

Untuk mengantisipasi listrik padam disaat cuaca hujan dan angin kencang, pihaknya rutin melakukan pemangkasan pohon, menginspeksi dan memperbaiki perlatan di jaringan listrik yang terindikasi akan rusak. 

Selain itu, meningkatkan komunikasi dan bersinergi dengan OPD terkait seperti dinas LH dan BPBD Kendal. “Kami minta partisipasi masyarakat, jika mengetahui pohon mengenai jaringan listrik agar diinfokan ke PLN melalui call center 123,” pungkasnya.(Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here