Menteri Siti Nurbaya dan Bupati Mirna Bersama Warga Bersihkan Pantai Sendang Sikucing Kendal

Memperingati HPSN, Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Bupati dr Mirna Annisa dan forkompimda Kendal melakukan bersih-bersih pantai Sikucing dan tanam pohon cemara laut, Minggu (24/2/2019).

SIGIJATENG.ID, Kendal – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar bersama ribuan masyarakat Kendal dari berbagai komunitas ramai-ramai membersihkan sampah di Pantai Sendang Sikucing Rowosari Kendal, Minggu (24/2/2019 ).

Turut dalam gerakan peduli sampah, Bupati dr Mirna Annisa bersama Forkompimda Kendal beserta generasi millenial pecinta lingkungan memunguti sampah-sampah di sekitar lingkungan pantai. 

Menteri LH dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan Gerakan Indonesia Bersih merupakan salah satu komponen dari Gerakan Revolusi Mental yang tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016.

“Ayo kelola sampah untuk hidup lebih bersih dan sehat serta bernilai. Sebab, hal itu merupakan gerakan revolusi mental menuju Indonesia Bersih,” kata disela-sela bersih-bersih. 

Menurutnya, Gerakan Indonesia Bersih mencakup beberapa hal diantaranya peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat lingkungan keluarga, satuan 

pendidikan, satuan kerja, dan komunitas. 

“Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 adalah momentum yang sangat berharga dalam membangun kesadaran untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang sangat pelik dan kompleks,” tuturnya. 

Sementara itu, Bupati dr Mirna Annisa mengatakan di kabupaten Kendal hingga saat ini telah ada sebanyak 200 badan usaha milik desa (Bumdes). Dari sekian banyak BumDes, beberapa diantaranya menangani pengelolaan sampah melalui Bank Sampah. 

“Seperti diketahui, Kendal memiliki tagline Beribadat. Saya yakin dan percaya masyarakat Kendal mampu menjaga dan melestarikan lingkungan untuk hidup bersih dan sehat. Sebab, kebersihan adalah bagian dari iman,” tandasnya. 

Dalam gerakan peduli sampah tersebut, Menteri LH dan Kehutanan berserta Bupati dr Mirna Annisandan sejumlah pejabat forkompimda juga berkesempatan melakukan penanaman bibit pohon cemara laut disekitar bibir pantai Sendang Sikucing. (Dye) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here