Membanggakan, SSB Tugu Muda 09 Juara 1 Sepak Bola Usia dini di Malaysia

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen berfoto bersama dengan tim juara

SIGIJATENG.ID, Semarang – Sekolah Sepak Bola (SSB) Tugu Muda 09 Semarang berhasil menjadi pemenang dalam turnamen sepak bola usia dini internasional Kuala Lumpur Cup 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (3/3/2019) lalu. 

Capaian capaian tersebut  mengundang apresiasi dan ucapan selamat dari Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen.

Gus Yasin mengatakan, prestasi olahraga mampu memberikan dampak positif. Dimana promosi paling murah untuk mengharumkan nama provinsi maupun bangsa ialah lewat prestasi olahraga dan pariwisata. 

Dirinya pun berpesan kepada official dan orangtua para pemain SSB Tugu Muda 09, agar terus mengarahkan prestasi anak-anak secara berjenjang sampai usia dewasa.

“Skuad ini bisa menjadi The Power of Football Jawa Tengah,” ungkapnya di pertemuannya dengan Tim SSB Tugu Muda 09, di Ruang Rapat Gedung A lantai II Komplek Kantor Gubernur Jateng, Jumat (22/3/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Gus Yasin juga menyampaikan bahwa penggunaan bahasa memang penting. Untuk itu pihaknya berharap nantinya anak-anak tersebut bisa belajar untuk berbaha asing, khususnya bahasa Inggris, agar jika berlaga di luar negeri tidak terkendala bahasa.

 “Saya berharap ada kursus Bahasa Inggris. Saya pribadi punya kawan yang mengurus Kampung Inggris di Magelang dekat Candi Borobudur. Saya pengin nanti anak-anak menjalani belajar Bahasa Inggris di Kampung Inggris Magelang, tetapi harus menyesuaikan jadwal pendidikan di sekolah masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Manajer SSB Tugu Muda 09 Semarang, Nurul Fitryana mengaku tak menyangka anak didiknya sukses menggondol juara pertama. Dirinya sama sekali tidak memimpikan tim besutannya jadi juara. 

“Ini kan proses bagi anak-anak untuk menambah pengalaman bertanding di pertandingan internasional. Karena selama ini mereka bermain di daerah atau tingkat regional. Alhamdulillah, anak-anak justru bisa berproses dengan hasil yang baik,” ucapnya.

Sebagai informasi, turnamen sepak bola usia dini yang berlangsung di Ardence Arena, Setia Alam, Kuala Lumpur pada 2-3 Maret 2019 itu diikuti 25 tim dari 12 negara. SSB Tugu Muda 09 Semarang di bawah asuhan Coach Taufan Setiadi ini mengirimkan 12 pemain usia 10 tahun.

Di Grup E SSB Tugu Muda 09 Semarang, berhasil menjadi juara grup usai mengalahkan Fox Football Vietnam (3-0), BTR Seahawks U9 (3-1), ISCKL (4-0), dan Russian Junior Sports Academy B (3-0).

Sebagai juara grup, Muliawan Pulung dan kawannya lolos 16 besar dan berhasil menggunduli SJCSC Supergirls dengan skor telak 5-0. Kemudian pada perempat final, berhasil mengalahkan Sporting CP Singapore dengan skor tipis 2-1.

Tren kemenangan itu berlanjut ketika mampu menjungkalkan ATBTR 3-0 di babak semi final. Kemudian di partai pemuncak terjadi all Indonesian final, di mana SSB Tugu Muda 09 Semarang sukses menaklukkan Bandung Pro United 3-1 melalui drama adu penalti. (dian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here