Megawati Tidak Mau PDIP Hanya Dapat Jatah 4 Kursi Menteri  

Megawati Soekarno Putri bersama dua anaknya, Puan Maharani dan Prananda di saat pembukaan Kongres PDIP ke 5 di Bali, Kamis (8/8/2019)

SIGIJATENG.ID, Denpasar – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri menyatakan tidak akan menerima jika presiden terpilih Joko Widodo hanya memberi jatah menteri sebanyak 4 orang seperti yang terjadi pada periode 2014 – 2019. Hal itu disampaikan Mega saat memberi pidato politik dalam pembukaan Kongres V PDI Perjuangan yang berlangsung di Hotel Grand Inna Beach Sanur Bali.

“Saya tidak mau kalau PDI Perjuangan hanya dikasih jatah menteri sedikit. Apalagi cuma 4, enak aja,” kata Mega disambut tepuk tangan riuh peserta kongres. Mendengar ucapan Ketum PDI Perjuangan ini Jokowi yang duduk di barisan terdepan terlihat senyum senyum.

Menurut Mega, kerja keras kader PDI Perjuangan dalam Pileg dan Pilpres 2019 sangat hebat dan terbukti bisa menang dengan suara yang cukup signifikan. Beberapa daerah bahkan perolehan suaranya sangat fantastis seperti di Jawa Tengah. Suara di Jawa Tengah ini juga didorong antara lain oleh pemindahan posko pemenangan capres Prabowo – Sandi dari Jakarta ke Jawa Tengah.

“Kalau tidak ada pemindahan posko mungkin banteng banteng di Jateng pada keasyikan mencari rumput,” ungkapnya.

Beruntung pihaknya mengambil langkah taktis dengan membangunkan banteng banteng untuk “nyruduk” sana sini biar menang.

“Saya bilang ayo banteng banteng Jateng asah tanduk kalian jangan hanya merumput saja,” bebernya.

Mega bersyukur upayanya membangunkan banteng di Jateng bisa berbuah dengan perolehan suara capres Joko Widodo memperoleh suara hingga 76 persen lebih. Dengan perolehan suara tersebut suara Jokowi di Jateng bisa mengatasi devisit suara yang terjadi Daerah lain.

Sementara itu dalam pidatonya di hadapan peserta Kongres, Presiden Joko Widodo menanggapi secara langsung permintaan Ketua Umum Megawati Sukarnoputri. Dia berjanji akan memberi jatah menteri paling banyak dibanding partai partai lainnya.

“Saya jawab langsung permintaan ibu Mega soal jatah menteri. Kalau kemarin dapat empat, itu sudah paling banyak lho. Kalau lainnya dapat dua maka PDI dapat 4. Kalau lainnya 3 PDIP belum tentu 6. Pokoknya paling banyak. Jaminannya saya,” kata Jokowi sambil ketawa.

Pembukaan Kongres yang dilakukan siang tadi berlangsung meriah dan dihadiri oleh beberapa pejabat dan tokoh nasional. Nampak hadir presiden dan wakil presiden Jokowi dan Jusuf Kalla, Cawapres terpilih Makruf Amin, Prabowo Subiyanto, Mahfud MD, Surya Paloh, Erlangga Hartarto, Oesman Sapta dan beberapa Menteri Kabinet Kerja. (Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here