Masuk Struktural DPP PDIP, Ini yang Akan Dilakukan Bambang Pacul

Bambang 'Pacul' Wuryanto bersama Presiden Jokowi dan sebuah acara di Jawa Tengah.

SIGIJATENG.ID, Semarang – Ketua DPD PDI Perjuangan Bambang Wuryanto dilantik menjadi pengurus DPP PDI Perjuangan periode 2019-2024 oleh Ketua Umum Megawati Soekarno Putri di ajang  Kongres ke 5 PDI Perjuangan Bali, 8-11 Agustus kemarin. Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini dilantik sebagai Ketua Bidang Pemenangan Pemilu.

Bambang Waryanto menyatakan akan menjalankan tugas tersebut dengan bersungguh-sungguh dan sepenuh hati. Meski diakui tugas berat telah menantinya, sebab tahun 2020 akan ada 271 pilkada serentak di seluruh Indonesia, termasuk di 21 Pilkada di Jateng.

“Tugas bidang pemenangan pemilu tidaklah mudah. Apalagi, wilayah dan kultur setiap daerah di Indonesia berbeda-beda,” kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul.

Bambang Pacul mengaku, dirinya lahir di Jawa Tengah dan sekarang menjadi ketua DPD Jawa Tengah. Sepertinya tidak ada masalah dengan persoalan kultur dan gerografis.  “Sekarang saya ke pusat. Maka saya harus mempelajari kultur mereka satu persatu,” terangnya.

Setelah di DPP, Pacul memastikan akan mempelajari peta 271 pilkada se Indonesia yang akan digelar di 2020. Ini penting dilakukan, seperti halnya dia membaca peta 21 daerah di Jawa Tengah yang akan melakukan pilkada tahun 2020. Tapi, untuk memenangkan pilkada tidak hanya sekedar bagiamana kita bisa membaca peta politik di masing-masing daerah.

“Memenangkan pilkada hanya bisa dilakukan jika partai solid. Ini pula yang telah disampaikan berulang-ulang oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Tugas kita sebenarnya menambah tenaga pada DPC partai, gerakkan sesuai strategi yang ada, itu yang kami lakukan di Jateng,” katanya.

Dia menilai sebenarnya kesuksesan PDI Perjuangan pada Pemilu serentak lalu bukan di level nasional. Namun akumulasi keberhasilan dari DPC-DPC.

Dia mengungkapkan, dalam pemenangan pemilu nanti, dibutuhkan kerjasama antara Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, Wakil Sekretaris Internal, dan Ketua Bidang Organisasi.

“Ketiganya jadi trium virat. Wakil Sekjen Internal mendata peta seluruh wilayah, actionnya ada di Ketua DPP Bidang Organisasi, dan strategi tempur ada di Ketua Bidang Pemenangan Pemilu,” paparnya.

Dengan cara tersebut, dia berharap ke depan tugas pemenangan pemilu dapat diselesaikan dengan baik. Dalam rapat pembahasan Komisi IV di Kongres, dibahas 3 jenis rumusan ketika pilkada. Yaitu untuk partai yang perolehan suaranya kurang dari 20 persen, partai yang perolehannya suaranya diatas 20% dan tak punya Pimpinan Dewan dan atau Kepala Daerah, serta oartai yang perolehan suaranya diatas 20 persen dan punya kepala daerah. (Aris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here