Marak Layanan BPJS Tak Resmi, BPJS Semarang Gencar Sosialisasi Aplikasi Digital

SIGIJATENG.ID, Semarang – BPJS Ketenagakerjaan cabang Semarang mulai mengencarkan sosisalisasi mengenai aplikasi digital BPJSTKU. Hal tersebut diambil sebagai langkah antisipasi dengan maraknya penyediaan jasa layanan BPJS Ketenagakerjaan yang tidak resmi.

Humas BPJS Cabang Semarang, Lucky Setiawan mengungkapkan penyedia jasa layanan yang tidak resmi itu seperti jasa percetakan kartu kepesertaan, jasa pelayanan klaim Jaminan Hari Tua (JHT), jasa antrian online dan masih banyak lainnya. Yang dikhawatirkan dapat merugikan masyarakat.

“Kami mulai mensosialisasikan BPJSTKU kepada semua pengguna BPJS Ketenagakerjaan. Caranya dalam setiap agenda kunjungan ke beberapa perusahaan, kami sekalian memperkenalkan produk kepada mereka,” ujarnya, Sabtu (06/07/19).

Nantinya dengan menggunakan BPJSTKU ini, pihaknya ingin mempermudah peserta untuk menikmati kemudahan layanan BPJS dengan berbasis digital sesuai perkembangan zaman. 

Di dalam aplikasi tersebut peserta dapat mendapatkan manfaat antara lain pelayanan pendaftaran, pengecekan saldo dan klaim JHT, akses kartu digital tanda kepesertaan, memberikan informasi daftar Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) atau Rumah Sakit kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dan masih banyak lainnya.

Direktur Perencanaan Strategis & TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono mengingatkan meskipun telah BPJS telah menyediakan aplikasi berbasis digital melalui penggunaan BPJSTKU, namun yang terpenting pengguna harus cerdas dalam memanfaatkan teknologi tersebut.  Sehingga peserta dapat membedakan mana aplikasi yang resmi dan tidak sehingga tidak berdampak pada kerugian mereka.

“Harapannya masyarakat dapat lebih bijak untuk tidak menggunakan jasa layanan tidak resmi agar kerahasiaan data pribadi milik pekerja tetap terjaga dan meminimalisir kerugian dari berbagai pihak serta menutup peluang apapun untuk oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” pungkasnya. (Taufiq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here