Makanan Sahur Ini Bikin Kamu Tidak Mudah Lapar Saat Berpuasa

SIGIJATENG.ID, Semarang – Pernah gak sih saat kita sahur, meskipun sudah mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup, beberapa jam kemudian sudah merasa lapar? Padahal buka puasa masih lama sekali.

Bisa jadi makanan dan minuman yang kamu konsumsi memang tidak mampu menekan rasa lapar lebih lama. Biar tidak kejadian lagi, berikut daftar menu makan sahur yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

1. Oatmeal
Oatmeal adalah pilihan tepat untuk menu makan sahur. Makanan yang terbuat dari jenis gandum utuh ini punya banyak manfaat, salah satunya bisa membuat kita kenyang lebih lama. Hal itu karena karbohidrat kompleksnya perlu dicerna dulu sehingga tidak langsung diserap tubuh.

Kamu bisa kombinasikan oatmeal dengan susu skim panas, itu akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan cepat, oatmeal termasuk makanan yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan dan kebugaran.

2. Telur
Tahukah kamu jika makanan yang kandungan proteinnya tinggi seperti telur mampu menekan rasa lapar yang lama?

Para ahli di University of Missouri memaparkan, orang yang makan telur cenderung mengonsumsi kalori dengan jumlah yang lebih sedikit sepanjang hari dan tidak cepat lapar.

Selain menjaga agar kita tetap kenyang lebih lama, protein pada telur juga menyediakan energi bagi tubuh dan membakar lebih banyak kalori ketika dicerna.

3. Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi 1/3 porsi sayuran hijau dalam menu makan sahur kamu dapat meningkatkan efek kenyang lebih lama serta tidak mudah lapar.

Selain itu, sayuran hijau yang kaya akan vitamin, mineral, serta zat besi itu sangat baik untuk kesehatan tubuh secara umum dan mencegah Anda terserang anemia.

4. Apel
Saat makan sahur, sempatkanlah untuk mengonsumsi buah agar kebutuhan vitamin dan mineral pada tubuh terpenuhi.

Salah satu buah yang direkomendasikan adalah apel karena mempunyai kandungan pectin atau zat yang melapisi dan memberikan struktur pada dinding sel buah. Pectin juga sering disebut sebagai fruit fiber atau serat pada buah.

Pectin dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Apel sangat baik dikonsumsi bersama kulitnya. Ini karena berbagai kandungan serat dan gizi lainya banyak terdapat pada bagian tersebut.

5. Kedelai
Kedelai termasuk jenis makanan yang membuatmu kenyang lebih lama. Hal itu karena kandungan serat dan protein yang tinggi. Kacang kedelai punya indeks glikemik rendah, sehingga tak menyebabkan lonjakan gula darah.

Selain itu, kadar insulin yang stabil dalam tubuh bisa meminimalisir kalori yang ditimbun sebagai lemak, sehingga pembakaran energi jadi lebih optimal. Olahan berbahan dasar kedelai yang biasa dikonsumsi saat sahur seperti tempe dan susu.

Semoga dengan mengonsumsi makanan-makanan sahur tersebut bisa membuat aktifitasmu di bulan Ramadhan lebih berkualitas. [Taufiq]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here