Maju Tingkat Nasional, KWT Ceria Patean Membanggakan Warga Kendal

Bupati Kendal dr Mirna Annisa bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Ceria Pagersari Patean Kendal maju ke tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah, Senin (4/2/2019). (foto dye/sigijateng.id)

SIGIJATENG.ID, Kendal – Kelompok Wanita Tani (KWT) Ceria Desa Pagersari Kecamatan Patean Kendal mendapat kepercayaan untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah, untuk maju lomba tingkat Nasional dalam lomba Kawasan Rumah Pangan Lestari dibidang Ketahanan Pangan.

Lomba kelompok wanita tani ini merupakan program dari Kementerian Pertanian RI di sektor Badan Ketahanan Pangan yang diikuti seluruh nusantara. Terutama mengenai kawasan rumah pangan lestari.

Ketua Tim Penilai dari Badan Ketahanan Pangan RI, Liek Irianti mengatakan di tahun 2018 pengembangan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) telah memiliki sebanyak 2300 kelompok yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Melihat keberadaan KWT Ceria Desa Pagersari Patean Kendal melalui profil yang kami terima karena memiliki karya inovasi ini, selanjutnya dilakukan verifikasi untuk bisa maju mengikuti lomba ditingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah,” katanya, Senin (4/2/2019).

Menurut wanita yang juga Kabid Distribusi Pangan di Badan Ketahan Pangan (BKP) pada Kementerian Pertanian RI ini, bahwa KWT Ceria Patean ini masuk nominasi mewakili sebanyak 35 kota/kabupaten di Provinsi Jawa Tengah maju ke tingkat Nasional.

“Ini merupakan harapan dan prestasi yang membanggakan khususnya bagi KWT Ceria itu sendiri. Dengan segala upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat bisa mempertahankan ketahanan pangan di daerahnya sendiri tanpa mengandalkan pihak lain,” tuturnya.

Dirinya berharap kedepan KWT Ceria Pagersari Patean ini bisa menjadi sasaran tempat tujuan wisata khususnya di bidang enterpreuner dan edukasi mengenai kawasan rumah pangan lestari (KRPL). “KWT Ceria Pagersari yang di Ketuai Ibu Eny Woro Subekti ini sangat lengkap. KWT Ceria memiliki edukasi literasi, pertanian, peternakan dan hasil karya kreatifitas lainnya yang dilakukan kaum ibu rumah tangga,” ungkap Irianti.

Sementara itu, Bupati Kendal dr Mirna Annisa mengatakan dirinya turut berbangga dan mengapreasi apa yang telah dilakukan KWT Ceria Pagersari Patean dalam menjaga lingkungan melalui inovasi pemberdayaan masyarakat di bidang ketahanan pangan.

“Tentu ini sangat luar biasa dan membanggakan bagi kami khususnya pemerintah daerah kabupaten Kendal. Kesadaran dan kreatifitas masyarakat melalui kelompok wanita tani bisa memberdayakan dan menjaga lingkungan dengan inovasi yang baik,” kata Mirna Annisa.

Mirna menyampaikan melalui kegiatan ini harapannya bisa mencari embrio yang positif dan menular pada daerah lain dalam memberdayakan lingkungannya dengan kreatifitas dan inovasi yang dimiliki. Sehingga, bisa menciptakan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri.

“Pemkab akan selalu mensupport dan mendorong terus melalui dinas terkait, agar program yang telah berjalan dengan baik ini bisa menjadi acuan bagi pembangunan daerah. Selain itu, bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan memberdayakan lingkungan masyarakat,” tandasnya. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here