Mahasiswa Undip Olah Potensi Desa Karangasem dengan Program Pudja Terong

Warga peserta pelatihan Pudja Terong oleh Tim KKN Undip di Desa Karangasem Kecamatan Sedan Rembang.

SIGIJATENG.ID, Rembang –  Tim KKN UNDIP di Desa Karangasem Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang merespon potensi masyarakat dengan membuat program Pudja Terong atau pengolahan potensi lokal dari jagung dan terong menjadi pudding dan keripik.

Selain itu juga ada program pelatihan pembuatan hand  sanitizer alami, pelatihan pembuatan lampu tidur dari bambu, kenali awal gizi balita (KAWAL), dan pengenalan bahan pangan ASUH (aman, sehat, utuh, halal).

Koordinator Desa Karangasem Hristo Anggigi, mengatakan program  Pudja Terong sudah dilakukan pada Sabtu-Minggu (2-3/Februari 2019) bersama para perangkat desa dan ibu-ibu rumah tangga Desa Karangasem dengan peserta sebanyak 30 orang.  Kades Karangasem Marzuki juga turut hadir dalam acara pelatihan itu.

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas dan nilai jual dari potensi local serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Sebagian besar masyarakat Desa Karangasem adalah petani.

“Desa Karangasem  memiliki curah hujan yang rendah sehingga tanaman jagung sangat cocok untuk dibududayakan. Selain jagung, tanaman terong juga banyak dibudidayakan.Namun harga terongnya sangat murah sehingga banyak petani yang tidak memanen hasil terongnya karena tidak laku di pasara. Melihat kondisi ini munculah program Pudja Terong tersebut,” kata Hristo Anggigi, Rabu (13/2/2019).

Sementara, menurut Saadah warga setempat, program ini merupakan suatu bentuk inovasi dan dapat dikembangkan sebagai peluang usaha agar dapat diteruskan kepada ibu-ibu warga Desa Karangasem.

“Ibu-ibu sangat antusias saat praktik pembuatan pudding jagung dan keripik terong. Diharapkan kegiatan ini dapat diteruskan oleh warga lainnya sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa,” kata Saadah.

Sementara, tim KKN Undip di Desa Karangasem terdiri dari 6 mahasiswa, yaitu HristoAnggigi (Teknik Perkapalan) sebagai koordinator desa, Anna Alif Mualimah (Teknik Kimia), Fadhil Muhammad Fauzan (Teknik Mesin), Aqilatul Munawaroh (Kesehatan Masyarakat), Minanti Nurul Hikmah dan Desham Putra Rahmadana (Fakultas Peternakan dan Pertanian). (*)

Berita dan Foto  :Tim KKN Desa Karangasem

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here