Mahasiswa Undip Latih Warga Bikin Nata de Soya dari Limbah Cair Tahu

Tim KKN sedang melakukan pelatihan pembuatan Nata de Soya

SIGIJATENG.ID, Batang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM I UNDIP 2019 di Desa Karanganyar, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang menggelar pelatihan pembuatan Nata de Soya kepada pemilik UMKM pembuatan tahu di desa setempat, pada tanggal 13 Febrari lalu. Pelatihan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memanfaatkan limbah cair tahu yang dihasilkan oleh UMKM industri pembuatan tahu yang ada.

Anggota tim KKN Eka Puspita mengatakan di desa tempatnya KKN terdapat dua industri pembuatan tahu. Lokasi lokasinya cukup dekat dengan pemukiman warga, terdapat sawah di samping Industri dan aliran irigasi. Limbah yang dihasilkan berupa ampas tahu dan limbah cair. Untuk limbah padat ampas tahu selama ini dijual sebagai pakan ternak, sedangkan limbah cair belum ada pengolahan dan langsung oleh mereka dibuang ke  sungai.

“Padahal limbah cair yang ditimbulkan merupakan limbah yang memiliki kandungan organik, BOD dan COD yang cukup tinggi, yang akan menyebabkan pencemaran lingkungan serta menimbulkan bau busuk yang mengganggu kenyamanan masyarakat,” kata Eka Puspita, Sabtu (16/2/2019).

Dikatakan Eka Puspita, limbah cair yang dihasilkan dari industri tahu merupakan limbah organik yang degradable atau mudah diuraikan oleh mikroorganisme, sehingga mempunyai potensi untuk dikembaangkan menjadi nata de soya. Nata de soya merupakan produk olahan pangan dari air limbah pembuatan tahu atau yang sering di sebut whey menjadi nata dengan bantuan bakteri Acetobacter xylinum.

“Kegiatan ini difokuskan kepada pemilik UMKM industri pembuatan tahu dengan harapan setelah ada hasil yang didapatkan pemilik UMKM akan menyalurkan ilmu yang didapat kepada warga Desa karanganyar yang lain sehingga akan mudah diterima oleh warga Desa Karanganyar,” katanya.

Kegiatan pelatihan waktu itu dilaksanakan di rumah ibu Mumun warga Desa Karanganyar RT 03 yang merupakan pemilik UMKM pembuatan tahu. Kegiatan dimulai degan edukasi pentingnya pengolahan limbah serta cara pembuatan limbah tahu menjadi Nata de Soya dan dilanjutkan dengan praktik pembuatan Nata de Soya. 

Semua anggota tim KKN UNDIP sebanyak tujuh orang, yakni Ivan Yulian (Administrasi Bisnis), Eka Puspita Ning Rahayu (Teknik Kimia), Alifa Khairunnisa ( teknik Arsitektur), Siti Rahmah (Teknik sipil),  Akhmad Alfiyan N (Petrnakan), Mochammad Reza(Manajemen), dan Buha Frengki Sirait ( Teknik Perkapalan) hadir semua.  

“Program ini dibuat sebagai upaya pemanfaatan limbah cair industri tahu agar tidak mencemari lingkungan. Serta dengan adanya pemanfaatan limbah tahu menjadi produk olahan pangan maka akan meningkatkan nilai ekonomis,” pungkas Eka. (*)

Berita dan Foto : Tim KKN Desa Karanganyar

Editor : Aris Syaefudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here