Mahasiswa Undip Aktifkan Posyandu Lansia di Desa Piyanggang

Tim KKN Mahasiswa Undip sedang melakukan kegiatan Posyandu Lansia di Desa Piyanggang Sumowono Kabupaten Semarang, Rabu (13/2/2019)

SIGIJATENG.ID, Ungaran – Mahasiswa KKN Tim 1 tahun 2019 dari UNDIP melaksanakan program pengaktifan posyandu lansia di Desa Piyanggang, Kecamata Sumowono Kabupaten Semarang, sebagai salah satu program kerja monodisipliner untuk pengabdian masyarakat.

Posyandu lansia perlu dibentuk dan dilaksanakan di Desa Piyanggang sebagai bentuk pendekatan pelayanan kesehatan bagi lansia khususnya dan untuk meningkatkan derajat kesehatan para lanjutusia (lansia) di desa tersebut.

“Sebenarnya kegiatan hari ini merupakan puncak dari salah satu kegiatan monodisipliner. Sebelum sampai tahap pelaksanaan Posyandu lansia ini, kami sudah melaksanakanberbagai prosedur seperti sosialisasi proker (program kerja) ke kepala desa, aparat desa dan kami juga melakukan pembentukan kader lansia, pendataan jumlah lansia danjuga kerja sama dengan bidan desa yang akan melanjutkan kegiatan ini nantinya,” kata Charles Foeh, salah satu mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP Fakultas Kesehatan Masyarakat, Rabu (13/02/2019)

Menurut Charles Foeh , kegiatan Posyandu lansia untuk pertama kali diadakan hari ini  (Rabu, 13/02/2019) di dua dusun yaitu Dusun Pancuran dan Dusun Butuh. Kegiatannya diisi dengan kegiatan dasar posyandu lansia yaitu pemeriksaan kesehatan seperti pendaftaran lansia yang hadir,  pengukuran tekanan darah, berat badan, tinggi badan dan penyuluhan kesehatan lansia.

“Kami senang, kegiatan ini juga didukung oleh berbagai pihak yaitu kepala desa dan aparat desa, bidan, para kader lansia, juga keluarga para lansia. Masyarakat setempat menyambut dengan antusias pelaksaanaan kegiatan ini,  dan bahkan berjanji akan selalu membawah lansianya untuk datang  ke Posyandu setiap bulannya,” katanya.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini sangat banyak. Di Dusun Butuh lansia uang hadir sebanyak 25 orang, di Dusun Pancuran sebanyak 38 orang lansia, kemudian hadir pula 12 orang kader dan tim KKN Undip sebanyak 8 orang.

“Hari ini, ibu bidan belum hadir karena ada urusan yang juga sangat penting, namun kegiatan Posyandu lansia selanjutnya akan dilaksanakan oleh bidan desa beserta para kader lansia,” terangnya.

Dijelaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan Posyandu lansia akan terus dilaksanakan setiap bulan dan dijalankan oleh bidan desa dan para kader lansia Desa Piyanggang. (*)

Berita dan Foto : Tim KKN Undip Desa Piyanggang

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here