Mahasiswa Undip Ajari Warga Desa Sembungjambu Bikin Biopestisida dari Bawang dan Cabe

SIGIJATENG.ID, Pekalongan – Tim KKN Undip di Desa Sembungjambu, Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan telah menggelar pelatihan pembuatan biopestisida dari bawang putih dan cabe merah untuk warga setempat. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal Rabu, 30 Januari 2019 di rumah ibu Kasdiyah, warga Dusun 4 desa setempat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat menunjang penggunaan pestisida alami oleh para petani, karena petani menghadapi masalah pencemaran yang tinggi,” kata Alvianto Ardhi Wijtaksono, Kordes Sembungjambu.

Menurut Alvianto, tujuan pelatihan pembuatan biopestisida ini adalah memberikan pengetahuan kepada warga Desa Sembungjambu tentang cara mengatasi permasalahan hama tanaman dan melakukan pelatihan cara membuat biopestisida alami dengan memanfaatkan tumbuhan di sekitar Desa Sembungjambu. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini petani desa Sembungjambu beralih menggunakan biopestisida dibandingkan pestisida kimia yang dapat mencemari lingkungan, dan menurunkan biaya perawatan kebun.

Kegiatan pembuatan pestisida alami berbahan dasar bawang putih dan cabe merah ini hasil yang didapatkan berupa sejumlah kandungan dari pestisida ini berupa bahan kimiawi yang khusus sehingga dapat dimanfaatkan untuk mecegah hama ulat.

“Tindak lanjut yang diharapkan kepada seluruh petani adalah agar memiliki ketrampilan dalam menciptakan pestisida untuk tanaman-tanaman mereka sehingga biaya produksi lebih diminimalisir lebih ramah lingkungan serta baik untuk kesehatan,” katanya.

Penyuluhan tentang pembuatan pestisida alami ini cukup membantu para petani di Desa Sembungjambu. Pasalnya mereka bisa beralih dari pestisida kimia ke pestisida alami yang lebih ramah lingkungan dan tidak merusak mikroorganisme dalam tanah sehingga kesuburan tanah tetap terjaga. “Padi itu untuk dimakan, seharusnya dalam menumbuhkannya juga menggunakan baham alami bukan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh, ” ujar bu Kasdiyah.  (*)

Berita dan Foto : Tim KKN Undip Desa Sembung Jambu

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here