Mahasiswa KKN Undip Sosialisasi Pentingnya Medsos untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga

Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga oleh mahasiswa KKN Undip di Desa Desa Legokclile Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

SIGIJATENG.ID, Pekalongan – Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Semarang TIM 1 Tahun 2019 Desa Legokclile Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan,  menggelar kegiatan berupa “Sosialisasi dan Edukasi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga” yang merupakan salah satu rangkaian dari program multidisiplin di desa tersebut.

Kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Legokclile, Jumat  (8/2/2019) malam mulai pukul 19.00. Peserta yang hadir sebanyak 36 orang, yang terdiri dari perangkat desa, Ibu-Ibu PKK, Karang Taruna, serta tokoh masyarakat yang ada di Desa Legokclile. Hadir pula Dosen Pembimbing Lapangan, Aris Anwaril Muttaqin., Lc., M.S.I

Kegiatan sosialisasi dan edukasi ini bertujuan untuk menciptakan keluarga sehat dan mandiri di Desa Legokclile, maka kegiatan berfokus pada bagaimana menciptakan keluarga yang sejahtera dengan menunjang aspek ekonomi, lingkungan, dan kesehatan dalam rumah tangga.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat Legokclile mengenai penggunaan media sosial dalam meningkatkan ekonomi keluarga,” kata Dosen Pembimbing Lapangan, Aris Anwaril Muttaqin, dalam sambutannya.

Dosen Pembimbing Lapangan, Aris Anwaril Muttaqin., Lc., M.S.I saat memberikan materi

Sementara, kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Desa Legokclile, Wintoro sekaligus memberikan sambutan. Wintoro dalam sambutannya mengatakan, melakukan pemberdayaan masyarakat sangat lah penting, guna meningkatkan kesejahtaraan masyarakat. “Namun pemberdayaan tidak sekedar hanya bantuan dana dan infrastruktur saja, perlu juga penyuluhan, pelatihan dan lain-lain,” kata Wintoro.

Jalannya kegiatan sosialiasi dan edukasi dipimpin oleh moderator. Materi pertama disampaikan adalah tentang penyakit berbasis lingkungan oleh Monalisa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat. Materi yang kedua disampaikan oleh Nurdin tentang pengolahan sampah. Selanjutnya, materi ketiga tentang pemasaran kerajinan tangan dari limbah konveksi yang disampaikan oleh Faizal. Lalu, materi terakhir tentang pemanfaatan media social sebagai digital marketing yang disampaikan oleh Nabila Nurul Hawa, istri dari Aris dan juga mompreneur. Pemaparannya lebih menekankan bahwa media sosial memegang peran penting dalam kewirausahaan.

Selanjutnya, setelah semua materi disampaikan, maka dilaksanakanlah sesi diskusi, terjadi tanya jawab yang aktif antara peserta dan pemateri. Kegiatan sosialisasi dan edukasi ini selesai pukul 22.00. Acara ditutup dengan doa bersama serta pemberian doorprize untuk peserta. (*)

Berita dan Foto : KKN UNDIP TIM 1 TAHUN 2019

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here