Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Pembuatan Jahe Bubuk Instan

Tim KKN Undip Desa Pendowo Pemalang

SIGIJATENG.ID, Pemalang – Mahasiswa KKN Undip Tim I tahun 2019 Desa Pendowo melakukan pelatihan pembuatan jahe bubuk instan kepada ibu-ibu PKK yang dilaksanakan pada hari Sabtu (09/02/2019). Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Pendowo, Kecamatan Bodeh, Pemalang.

Bermula dari banyaknya lahan kosong di Desa Pendowo dilihat sebagai peluang usaha oleh Wahyudi selaku BPD Desa Pendowo yang juga sebagai penggerak penanaman jahe. Lahan kosong dimanfaatkan untuk menanam jahe yang saat ini penanamannya dilakukan di media polybag. Panen bisa dilakukan setelah melewati masa tanam selama 10 bulan. Saat ini hasil panen langsung dijual dalam bentuk bahan mentah.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip Tim I 2019 desa Pendowo yg beranggotakan Bayu Tri Pamungkas, Helmi Piliang, Nabila Agita P, Wilda Asrofa, Noviana Pangesti W, Nur Mifta Khisna serta Ilham Nur Hakim berinisiatif untuk melatih ibu-ibu PKK mengolah jahe menjadi bubuk minuman jahe instan.

“Kami melihat banyak warga yang menanam jahe disamping rumah, di halaman rumah dan di belakang rumah sehingga kami mencoba untuk membuat olahan jahe agar bisa meningkatkan nilai ekonomi dari jahe yang dihasilkan. Dan terciptalah jahe bubuk instan yang kami beri nama JARWO singkatan dari Jahenya Orang Pendowo” kata Wilda Asrofa, salah satu Mahasiswa KKN Undip tim I 2019.

Dengan menggunakan peralatan sederhana, ibu-ibu dapat mempraktikkan cara membuat jahe bubuk instan. Alat yang digunakan seperti wajan, pengaduk, blender, saringan dan kompor. Dengan mengolah 125 gram jahe dicampur 500 gram gula dapat menghasilkan sekitar 600 gram bubuk jahe instan.  

Ibu-ibu PKK sangat antusias mengikuti pelatihan prmbuatan jahe bubuk instan ditandai dengan banyaknya pertanyaan yg diajukan.  “Sangat bermanfaat sekali pelatihannya, setelah ini ibu-ibu beli bahan-bahannya dan dipraktikkan untuk pertemuan pkk selanjutnya” ungkap ibu Ermi selaku pengurus PKK.

Selain diisi dengan pelatihan pembuatan jahe bubuk instan, pelatihan ini juga diisi dengan penyampaian materi mengenai tahapan prosedur pengajuan merk dagang yang disampaikan oleh Bayu Tri Pamungkas, Mahasiswa KKN Undip dari jurusan Hukum.

“Dengan adanya pelatihan pembuatan jahe bubuk instan ini diharapkan dapat memberdayakan ibu-ibu PKK untuk lebih produktif serta dapat meningkatkan nilai jual jahe yang dihasilkan di desa Pendowo,” kata Bayu Tri Pamungkas. (*).

Berita dan Foto : KKN Undip Desa Pendowo

Editor : Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here