Luar Biasa, Raihan PAD Pelabuhan Tawang Kendal Melebih Target

Jajaran Komisi C DPRD Jateng saat kunjungan ke Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tawang Kabupaten Kendal, Selasa (7/5/2019)


SIGIJATENG.ID
, Kendal – 
Keberadaan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tawang Kabupaten Kendal menjadi aset cukup menjanjikan bagi Pemprov Jateng. Hal itu terlihat saat jajaran Komisi C DPRD Jateng menyambangi PPP Tawang dan melihat kegiatan proses pelelangan ikan setempat, Selasa (7/5/2019).

Anggota Komisi C DPRD Jateng Muhammad Rodhi mengatakan, pada 2018 lalu PPP Tawang mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) untuk Jateng sekitar Rp 101 juta jauh di atas yang dibebankan sebesar Rp 78 juta.  Prosentasinya mencapai 130% jauh melebih target.

“Jika dibandingkan dengan PAD 2015, realisasi penerimaan tersebut juga meningkat dua kali lipat. Tahun 2015 penerimaannya sebesar Rp 46 juta. Ini data yang kami terima saat kunjungan ke tempat itu 2016 lalu,” jelas Politikus PKS itu, sembari mengatakan bahwa angka pendapatan itu diterima dari retribusi sewa lahan, tambat labuh, pas masuk dan perijinan.

Senada, Anggota Komisi C DPRD Jateng Maria Tri Mangesti menambahkan pada tahun ini PAD dari PPP Tawang harus naik. Permintaan Legislator PDI Perjuangan itu sejalan dengan selesainya pengembangan infrastruktur pelabuhan senilai Rp 800 juta lebih pada tahun lalu yang meliputi pembangunan dermaga, akses jalan dan sekitar 50 lapak untuk disewakan.

“Minimal ada tambahan retribusi lapak. Kalau sehari seribu saja sudah ada Rp 50 ribu per hari, setahun bisa dihitung sendiri,” tuturnya optimistis.

Kepala PPP Tawang Kendal Baskoro menyambut baik saran maupun kritik serta harapan yang disampaikan Komisi C tersebut. Ia berjanji, dengan modal dukungan dari Komisi C itu, pihaknya siap menaikkan PAD dari pelabuhan yang dipimpinnya tersebut.  (rizal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini